Home » News » Pelaku Kasus Korupsi Ini Akhirnya Menyerahkan Diri

Pelaku Kasus Korupsi Ini Akhirnya Menyerahkan Diri



Jakarta – Kasus korupsi pengadaan alat kesehatan pada dinas kesehatan Kota Binjai, Sumatera Utara kembali menjadi sorotan. Setelah pelaku Nita Heriani ditangkap, kini pelaku lainnya Fadli Humala Harahap, menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Binjai.

Pelaku Kasus Korupsi Ini Akhirnya Menyerahkan Diri

Gambar ilustrasi

Rekanan pengadaan alat kesehatan yang merugikan negara hingga Rp3,2 miliar tersebut menyerahkan diri, setelah tahu kalau Nita ditangkap dari Johar Baru 5, Jakarta Pusat.

Baca juga : Agus Yudhoyono Jelaskan Terkait Pertemuannya Dengan Ma’ruf Amin

Menurut pengakuan Fadli, dirinya sama sekali tidak tahu namanya masuk DPO pihak kejaksaan yang menangani kasus korupsi proyek APBN TA 2012 senilai Rp8,2 miliar tersebut.

Kasi Pidsus Kejari Binjai Heri PS menyatakan, Fadli datang sendiri dan langsung menyerahkan diri setelah tahu Nita ditangkap.

“Kini, kami akan melakukan pemeriksaan untuk mencaritahu aliran dana korupsi yang mereka timbulkan. Saat ini, dua pelaku yang sempat DPO itu sudah dititipkan ke Lapas Binjai,” kata Heri, Rabu (1/2/2017).

Selama kasus itu ditangani pihak kejaksaan, Fadli tinggal di Kabupaten Labuhan Batu. “Secara khusus, kita turut mengapresiasi sikap kooperatif tersangka. Sebab dia sudah mau datang dan menyerahkan diri. Mudah-mudahan saja langkah seperti ini diikuti buronan kasus korupsi yang lain,” ucapnya.

Dalam kasus ini, empat orang sudah ditetapkan menjadi tersangka. Dimana, Enpiyanto Nasution, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), yang juga seorang PNS Dinas Kesehatan dan Suhandi Winata, sekretaris Dinas Kebersihan yang saat itu menjabat sebagai ketua kelompok kerja (Pokja) pengadaan barang dan jasa Pemko Binjai, sudah menjalani persidangan di PN Tipikor.

“Kini pihak kejaksaan tinggal meminta keterangan dan melakukan penyelidikan atas 2 tersangka yang merupakan rekanan pengadaan Alkes,” sebut Heri.

(bens – sisidunia.com)