Home » News » Luapan Sungai Lamong Rendam Desa Banyulegi

Luapan Sungai Lamong Rendam Desa Banyulegi



Mojokerto – Desa Banyulegi, Kecamatan Dawar Blandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur kembali diterjang banjir. Banjir yang diakibatkan Sungai Lamong meluap itu merendam puluhan rumah warga di Dusun Balong dan Pulo Klanting, Banyulegi.

Luapan Sungai Lamong Rendam Desa Banyulegi

Banjir di desa Banyulegi

Beberapa warga yang rumahnya terendam pagi ini terpaksa mengungsi karena ketinggian air di dalam rumah mencapai 1,5 meter.

Menurut Ketua RW 9 Dusun Balong, Marjuki (48), banjir mulai menerjang sejak Rabu (1/2/2017) . Namun, ketinggian air hanya setinggi 20 sentimeter.

“Nah dinihari tadi sekira pukul 03.00 WIB, airnya terus naik sampai 1,5 meter. Sejak kemarin warga sudah melakukan persiapan, maka itu begitu airnya naik, warga langsung mengungsi ke tempat saudaranya, tapi ada juga yang bertahan,” katanya kepada Okezone, Kamis (02/2/2017).

Marzuki mengatakan, dalam dua hari terakhir cuaca di Mojokerto terus diguyur hujan. “Sudah dua hari ini curah hujan di sini tinggi sehingga debit air di Sungai Lamong meningkat drastis dan akhirnya meluber karena tak kuat menampung. Memang setiap tahun seperti ini, tapi ini yang paling besar di tahun 2017,” tambahnya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, sebanyak 50 rumah warga terendam banjir luapan Sungai Lamong.

“Kita sudah menerjunkan tim ke lokasi untuk mengevakuasi warga. Kami juga sudah menyiapkan dapur umum untuk kebutuhan konsumsi warga,” kata Kepala BPBD Mojokerto, Zaini.

(bens- sisidunia.com)