Home » Techno » Keren, Sensor Jari Tangan Dapat Dialirkan Melalui Tubuh

Keren, Sensor Jari Tangan Dapat Dialirkan Melalui Tubuh



Jakarta – Peneliti di bidang komputer dan elektrikal di University of Washington telah merancang sebuah password yang bisa dikirimkan melalui anggota tubuh. Hal tersebut dilakukan guna menjaga keamanan password.

Keren, Sensor Jari Tangan Dapat Dialirkan Melalui Tubuh

Gambar Ilustrasi

“Sensor tangan sejauh ini menjadi perangkat untuk input. Betapa kerennya jika kami bisa menunjukkan pertama kali sensor pada jari tangan,” ungkap Asisten Profesor di Ilmu Komputer dan Teknik di University of Washington, Shyam Gollakota, seperti dinukil dari laman Daily Science, Kamis (2/2/2017).

Baca juga : Peretasan Akun Gamer Xbox da PSP Dapat Digunakan Untuk Mengakses Akun Lainnya

Pengiriman password tersebut ditawarkan untuk menjaga keamanan penggunanya. Teknik baru ini memanfaatkan sinyal yang dihasilkan oleh sensor sidik jari pada smartphone dan laptop.

“Seperti misalnya ingin membuka pintu, maka bisa menggunakan smartlock elektronik,” ujar mahasiswa Doktoral di University Washington, Merhada Hessar.

Penelitian ini telah dilakukan pada iPhone dan sidik jari lainnya. “Kami menunjukkan bahwa ini bekerja dengan postur yang berbeda-beda seperti postur berdiri, duduk, sampai tidur,” ucap mahasiswa Doktoral Teknik Elektrical, Vikram Iyer.

Insinyur di University of Washington ini menemukan cara menggunakan sinyal-sinyal ini sebagai output yang sesuai dengan data yang terdapat pada password. Teknologi ini juga sangat bermafaat untuk transisi kunci. Sehingga, data bisa ditransfer melalui anggota tubuh. (bens – sisidunia.com)