Home » Sport » Kalahkan Burkina, Mesir Jadi Tim Pertama di Final Piala Afrika 2017

Kalahkan Burkina, Mesir Jadi Tim Pertama di Final Piala Afrika 2017



Libreville – Mesir menjadi tim pertama yang melangkah ke final Piala Afrika 2017. Mereka akan menunggu pemenang antara Kamerun dan Ghana pada partai puncak.

Kalahkan Burkina, Mesir Jadi Tim Pertama di Final Piala Afrika 2017

Pemain Mesir, Mohamed Salah (kanan), mencoba menenangkan kiper Burkina Faso, Herve Kouakou Koffi, yang menangis dalam laga semifinal Piala Afrika di Stade de lAmitie Sino-Gabonaise

Mesir melaju ke final Piala Afrika seusai mengalahkan Burkina Faso 3-4 lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit di Stade de l’Amitie Sino-Gabonaise, Rabu (1/2/2017) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Gol Mesir dicetak oleh Mohamed Salah (menit ke-66), sedangkan gol Burkina Faso datang dari lesakan Aristide Bance (73′). Lantaran tak ada pemenang hingga masa perpanjangan habis, laga pun dilanjutkan melalui adu penalti.

Dalam babak tos-tosan tersebut, cuma satu eksekutor Mesir yang gagal, yaitu Abdallah El Said. Sisanya, Ramadan Sobhi, Ahmed Hegazi, Salah, dan Amr Warda sanggup menjalankan tugas dengan sempurna.

Baca juga : Hari Bersejarah, Dunia Sepakbola Kembali Hadir di Aleppo Setelah Enam Tahun

Di kubu lawan, penendang Burkina Faso yang mengemban tanggung jawab dengan mulus adalah Alain Traore, Banou Diawara, dan Steeve Yago. Dua algojo terakhir mereka, Herve Kouakou Koffi dan Bertrand Traore tak mampu menaklukkan kiper Mesir, Essam El Hadary.

Kejadian unik muncul ketika kiper Burkina Faso, Herve Kouakou Koffi, menangis setelah timnya tumbang dalam adu penalti. Salah pun langsung menghampiri Koffi untuk mencoba menenangkan.

Di final, Mesir akan berjumpa dengan pemenang Kamerun kontra Ghana yang baru bermain pada Kamis (2/2/2017). Laga final akan dimainkan pada Minggu (5/2/2017) atau sehari setelah pertandingan perebutan tempat ketiga.
(Muspri-sisidunia.com)