Home » News » Anies : “Banyak Anggaran Pemerintah DKI yang Belum Menyentuh Moda Transporasi Darat di Luar Transjakarta”

Anies : “Banyak Anggaran Pemerintah DKI yang Belum Menyentuh Moda Transporasi Darat di Luar Transjakarta”



Jakarta – Isu transportasi menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat Jakarta. Calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan menjanjikan, integrasi dan perbaikan moda transportasi massal, termasuk subsidi bukan hanya untuk TransJakarta tapi juga angkutan kota dan metromini.

Anies : "Banyak Anggaran Pemerintah DKI yang Belum Menyentuh Moda Transporasi Darat di Luar Transjakarta"

Ilustrasi

Menurut Anies, subsidi Transjakarta yang besar perlu juga ditujukan ke moda transportasi publik lain seperti yang dia sebutkan, agar pelayanan bisa meningkat.

“Banyak anggaran dari Pemerintah DKI yang belum menyentuh moda-moda transporasi darat di luar Transjakarta. Untuk Transjakarta enggak perlu disalahkan dan dikurangi, tapi yang perlu dipikirkan itu yang lainnya,” kata Anies di Jakarta, Rabu (1/2).

Selain dengan pemerataan distribusi subsidi, Anies berjanji akan untuk memperluas jangkauan transportasi agar dapat menjangkau seluruh warga hingga ke kampung-kampung.

“Hal pertama yang akan kami lakukan adalah menata transportasi sebagai suatu kesatuan atau terintegrasi bukan sendiri-sendiri,” ucap Anies.

Baca juga : Dituding Terima Imbalan dari Proyek VSAT, Tim Hukum Anies-Sandi Laporkan Kamerad

Anies mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan pada sektor transportasi diperlukan sertifikasi dan uji kompetensi bagi para pengemudi. Sertifikasi ini akan bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sebagai bentuk pembinaan dari pemerintah.

Hal itu sekaligus untuk menimbulkan kebanggaan bagi para pengemudi terhadap profesinya, dan juga meningkatkan kesejahteraan.

“Kami akan mengubah pola perhitungan remunerasi yang selama ini basisnya dari penumpang, kami ingin ada kepastian dari sopir tiap bulan dia dapat berapa, berbasis per kilometer. Jadi kalau pilot ada jam terbang, pengemudi ada kilometer yang sudah ditempuh,” kata Anies.
(Muspri-sisidunia.com)