Home » Techno » Peretasan Akun Gamer Xbox da PSP Dapat Digunakan Untuk Mengakses Akun Lainnya

Peretasan Akun Gamer Xbox da PSP Dapat Digunakan Untuk Mengakses Akun Lainnya



Washington – Berbagai pakar keamanan angkat bicara terkait insiden peretasan 2,5 juta akun gamer Xbox dan PSP. Menurut mereka, peretasan data personal pengguna game ini juga bisa digunakan untuk mengakses akun lainnya.

Peretasan Akun Gamer Xbox da PSP Dapat Digunakan Untuk Mengakses Akun Lainnya

Gambar ilustrasi

Insiden peretasan kedua konsol game populer ini sempat terjadi pada September 2015 lalu seperti disampaikan pakar keamanan Troy Hunt.

Baca juga : Perusahaan Mainan Bongkar Pasang Ini Ternyata Juga Garap Sebuah Jejaring Sosial

Seperti yang dilansir Cnet, Kamis (1/2/2017), meskipun pengguna tak menginput data keuangan pada sebuah situs, informasi yang didapat hacker bisa digunakan untuk mengakses situs lain, jika pengguna memiliki password yang sama pada akun yang berbeda.

“Sering kali orang menggunakan keamanan yang rendah untuk sebuah situs karena kemungkinan situs tersebut bukan ditargetkan untuk keuangan,” kata Mark James, pakar keamanan IT di ESET.

Jonathan Sander menjelaskan, pakar keamanan Lieberman Software, bahwa e-mail dan password yang sama dalam setiap layanan sangat rentan untuk diretas.

“Jika gamer Xbox dan PSP belum menyadari bahwa penggunaan e-mail dan password yang sama dalam berbagai layanan itu berbahaya, maka besar kemungkinan data pribadi mereka akan diretas,” tambah Jonathan.

(bens – sisidunia.com)