Home » News » PM Malaysia Berkunjung Saat Sedang Cuti, Presiden Jokowi Gelar Pertemuan Santai

PM Malaysia Berkunjung Saat Sedang Cuti, Presiden Jokowi Gelar Pertemuan Santai



Bogor – Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia Mohammad Najib bin Tun Haji Abdul Razak di Istana Bogor, Selasa (31/1/2017), bukan dalam rangka kunjungan kenegaraan.

PM Malaysia, Berkunjung Saat Sedang Cuti, Presiden Jokowi Gelar Pertemuan Santai

PM Malaysia, Najib Razak

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, PM Najib kebetulan sedang cuti dan berada di Jakarta. Oleh sebab itu, keduanya melangsungkan pertemuan.

“PM Najib sedang cuti dan berada di Jakarta. Jadi (pertemuan tadi) tidak membahas hal penting dan bukan substansi,” ujar Pratikno, saat ditemui di Kompleks Istana Bogor, Selasa sore.

Pertemuan berlangsung santai. Ibu Negara Iriana dan Ibu Perdana Menteri Malaysia juga turut dalam pertemuan itu.

Menurut Pratikno, terdapat tradisi di antara semua kepala negara, jika kunjungan seorang kepala negara bukan dalam rangka kunjungan kenegaraan, maka digelar pertemuan santai dengan kepala negara tujuan.

Salah satunya, saat Presiden Joko Widodo datang ke Singapura dalam rangka lulusan putra bungsu Kaesang Pangarep, beberapa waktu lalu.

“Waktu Presiden ke Singapura kan PM Singapura mengundang Presiden Jokowi makan malam. Jadi ya ada tradisi semacam itulah,” ujar Pratikno.

Baca juga : Resmikan Pasar Rakyat Baru, Presiden Jokowi Pakaikan Celemek Pada Sejumlah Pedagang Pasar Boyolali

Diketahui, Jokowi bertemu PM Najib di Istana Bogor, Selasa pagi. Pertemuan itu berlangsung tertutup mulai dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB.

Jadwal pertemuan keduanya tidak dicantumkan di dalam agenda resmi Presiden pada Selasa ini.

Agenda resmi Presiden pada Selasa ini, yakni memimpin dua rapat terbatas di Istana Bogor. Rapat pertama membahas integrasi perencanaan dan penganggaran untuk mengoptimalkan hasil pembangunan nasional. Rapat kedua membahas kebijakan ekonomi yang berkeadilan.
(Muspri-sisidunia.com)