Home » News » Barcelona Menilai Kegagalan Timnya Puncaki Klasemen Karena Ulah Wasit

Barcelona Menilai Kegagalan Timnya Puncaki Klasemen Karena Ulah Wasit



Jakarta – Sepanjang La Liga musim 2016/2017 bergulir, Barcelona menjadi tim yang paling sering dirugikan wasit. Total sekira tujuh poin yang hilang dari mereka. Akibatnya, saat ini klub asal Catalan harus puas berada di posisi kedua klasemen sementara, tertinggal empat angka dari Real Madrid.

Barcelona Menilai Kegagalan Timnya Puncaki Klasemen Karena Ulah Wasit

Barcelona

Dilansir Sport, skuat asuhan Luis Enrique tercatat dalam empat pertandingan gagal memetik poin penuh. Yang pertama terjadi saat berhadapan dengan Celta Vigo. Blaugrana ketika itu kalah dengan skor 3-4.

Baca juga : Djarot Menilai Program Agus-Sylvi Masih Mengambang

Kejanggalan terjadi ketika pertandingan memasuki menit ke-67. Neymar dilanggar oleh pemain Celta Vigo di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak meniupkan peluitnya, padahal jika keputusannya lain, Barcelona yang ketika itu tertinggal 2-3 bisa saja menyamakan kedudukan.

Yang kedua terjadi ketika Barcelona melakoni pertandingan pekan ke-12 La Liga melawan Malaga. Setelah bermain sepanjang 90 menit, kedua tim harus puas bermain imbang 0-0. Akan tetapi, ada kontroversi yang terjadi di menit ke-83.

Wasit De Burgos Bengoechea menganulir gol Gerard Pique karena menganggapnya sudah dalam posisi offside. Selain itu, ada dua pelanggaran yang dilakukan bek Malaga, Mikel Villanueva di dalam kotak penalti yang dibiarkan oleh wasit.

Nasib sial kembali diperoleh Lionel Messi dan kawan-kawan saat bertandang ke Estadio de la Ceramica, markas Villarreal di pekan ke-17 La Liga. Saat gelandang tim tuan rumah, Bruno Soriano menyentuh bola dengan tangan, wasit membiarkannya.
Karena itulah, Barcelona mesti puas bermain imbang 1-1 melawan Villarreal. Kembali kehilangan dua poin membuat mereka harus rela berada di posisi ketiga klasemen, karena torehannya dilewati oleh Sevilla.

Kontroversi terakhir yang jelas membuat suporter Barcelona marah terjadi Minggu 29 Januari 2017 malam WIB saat melawan Real Betis. Pada menit ke-76, bola umpan silang Aleix Vidal yang coba dihalau pemain lawan justru berbelok arah ke dalam gawang.

Dalam tayangan video nampak jelas jika bola sudah melewati garis gawang ketika hendak disapu bek Betis. Wasit dengan tegas tidak meniup peluit, meski pemain Barcelona melakukan protes. Dengan terpaksa mereka menerima pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Jika tujuh poin tersebut tidak hilang karena kelalaian wasit, Barcelona kini sudah berada di puncak klasemen, dengan torehan 49 poin. Dan itu membuat mereka unggul tiga angka dari Madrid yang baru meraup 46 poin. (bens – sisidunia.com)