Home » News » Ribuan Aparat Gabungan Amankan Perayaan Imlek

Ribuan Aparat Gabungan Amankan Perayaan Imlek



Pontianak – Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2017 di Kalimantan Barat (Kalbar) akan diamankan personel gabungan sebanyak 1.386. Pasukan tersebut terdiri dari 950 anggota polisi, 186 anggota TNI, dan 250 dari pemerintah daerah serta sipil.

Ribuan Aparat Gabungan Amankan Perayaan Imlek

Aparat Gabungan

Pengamanan Imlek dan Cap Go Meh dengan sandi Operasi Liong Kapuas 2017 ini selama 17 hari, dimulai 27 Januari hingga 12 Februari.

“Operasi Liong Kapuas 2017 ini lebih mengarah kepada operasi kemanusian, yakni menjaga tempat-tempat atau rumah ibadah, pusat perbelanjaan dan objek wisata bagi warga Tionghoa yang akan merayakan Imlek dan Cap Go Meh di 14 kabupaten atau kota di Kalbar,” kata Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Joko Irianto usai memimpin upacara gelar pasukan pengamanan Operasi Liong Kapuas 2017 di lapangan Jananuraga, Mapolda Kalbar, Kamis (26/1/2017).

Baca juga : Bertemu Anies-Sandi, Habibie Titipkan Ini

Ia menambahkan, untuk pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Polda Kalbar memfokuskan di lima wilayah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Singkawang, Bengkayang, dan Sambas.

“Dalam pengamanan Imlek dan Cap Go Meh juga dibentuk sebanyak 15 pos pengamanan, yakni di Pontianak sebanyak tujuh pos, Singkawang empat pos, Mempawah satu pos, Bengkayang dua pos, dan Sambas sebanyak satu pos,” paparnya.

Joko mengatakan, untuk menjaga keamanan dan kelancaran peyarayaan Imlek 2568 dan Cap Go Meh 2017 ini, sangat diperlukannya sinergitas antar instansi terkait. “Peran sinergitas terhadap instansi lain sangat berpengaruh dalam kelancaran pelaksanaan perayaan Imlek dan Cap Go Meh,” ujarnya.

Begitu juga, diperlukan kepedulian masyarakat itu sendiri. Maka ia mengimbau seluruh masyarakat Kalbar untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sehingga perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2017 di Kalbar dan Indonesia umumnya berjalan lancar.

Dalam perayaan tersebut, Joko mengatakan, tidak menutup kemungkinan wisatawan domestik maupun mancanegara akan berkunjung ke Singkawang dan Pontianak. oleh sebab itu Joko memerintahkan personelnya untuk lebih memperketat pengamanan di wilayah tersebut. (bens – sisidunia.com)