Home » News » Ikan Asal Papua Ini Sudah Terkenal di Pasar Internasional

Ikan Asal Papua Ini Sudah Terkenal di Pasar Internasional



Jakarta – Indonesia memiliki keragaman hayati berlimpah, termasuk juga melimpahnya keberadaan ikan hias. Papua misalnya, pulau di ujung timur Indonesia memiliki ragam kekayaan alami ikan hias. Setidaknya terdapat dua jenis ikan hias asli Papua yang sudah terkenal di pasar nasional dan internasional, yakni ikan rainbow dan ikan arwana jardini.

Dua Jenis Ikan Asal Papua Ini Sudah Terkenal di Pasar Internasional

Arwana Jardini

Arwana jardini sering ditemukan di kawasan perairan Merauke. Sisik arwana jardini berkilauan sangat indah seperti mutiara jika terkena cahaya lampu dari sudut yang tepat. Karena itu, arwana jardini sering juga disebut sebagai arwana mutiara.

Dilihat dari bentuk fisiknya, jumlah baris sisik arwana jardini ada tujuh atau delapan baris. Ukuran sisik ikan arwana jardini lebih kecil dibandingkan arwana asia.

Corak warna dasar arwana jardini berwarna coklat dengan bintik-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya. Ada pola cincin melingkar seperti bulan sabit di tepi sisik berwarna hijau atau merah.

Ikan arwana asli Papua ini memiliki 2 varian, yakni red pearl dan green pearl. Varian red pearl mudah dikenali dari adanya ragam corak seperti garis bercoret berwarna merah muda di sekitar mata dan penutup insang.

Sedangkan pada varian green pearl warnanya lebih polos, ada sisik berbintik kehijauan dengan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Beberapa spot putih dapat ditemukan pada bagian sirip punggung dan sirip anal.