Home » News » Tergerus Derasnya Air Sungai dan Hujan, Tanggul di Jombang Jebol Seluas 50 Meter

Tergerus Derasnya Air Sungai dan Hujan, Tanggul di Jombang Jebol Seluas 50 Meter



Jombang – Hujan deras yang mengguyur Jombang membuat sejumlah sungai meluap. Bahkan tanggul sungai di Dusun Johoclumprit, Desa/Kecamatan Sumobito, jebol seluas 50 meter karena tergerus derasnya arus sungai.

Tergerus Derasnya Air Sungai dan Hujan, Tanggul di Jombang Jebol Seluas 50 Meter

Tanggul Sungai Joho Clumprit, Jombang yang Jebol

Akibatnya, ratusan hektar lahan pertanian di sekitar sungai terendam air. Bukan hanya itu, jalan raya yang menghubungkan Sumobito dengan Mojokerto juga tergenang air. Terakhir banjir akibat luberan air tanggul itu menyerbu pemukiman padat penduduk di Desa Curah malang, Kecamatan Sumobito.

Banjir di pemukiman juga melanda Desa’Kecamatan Sumobito, Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung, serta Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben. Dari empat desa tersebut, ratusan rumah tergenang air.

M Kharisma (39), warga setempat mengatakan, jebolnya tanggul Sungai Joho clumprit berawal dari hujan deras yang mengguyur sejak sore. Hujan semakin deras, debit air sungai semakin meningkat.

Karena peningkatannya cukup tinggi, arus sungai tersebut akhirnya menggerus tanggul sebelah timur dan jebol. Air meluber memasuki area persawahan. “Dua tahun lalu juga pernah jebol. Lokasi juga sama,” katanya.

Baca juga : Banjir Setinggi 2 Meter Genangi Antapani Bandung Akibat Tanggul Jebol

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang, Nur Huda membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah turun ke lokasi untuk penanganan awal.

Langkah selanjutnya, kata Nur Huda, BPBD segera berkordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas di Surabaya. Pasalnya, tanggul yang jebol di Sungai Joho clumprit berada di bawah BBWS.

“Kita sudah melaporkan jebolnya tanggul Sungai Joho clumprit ke BBWS. Kita hanya penanganan awal, untuk proses perbaikan menjadi wewenang BBWS,” kata Nur Huda.
(Muspri-sisidunia.com)