Home » Gaya Hidup » Hindari Nyeri Punggung, Ibu Hamil Sebaiknya Pilih Posisi Tidur Ini

Hindari Nyeri Punggung, Ibu Hamil Sebaiknya Pilih Posisi Tidur Ini



Jakarta – Banyak hal berubah selama Anda hamil. Ada hal yang menyenangkan, seperti kulit lebih bercahaya dan nyeri haid hilang, namun ada juga yang sedikit tak mengenakan, yaitu ketika tidur.

Hindari Nyeri Punggung, Ibu Hamil Sebaiknya Pilih Posisi Tidur Ini

Ilustrasi

Saat kehamilan kian membesar, tidur memang menjadi kurang nyaman. Banyak yang bingung bagaimana idealnya posisi tidur untuk ibu hamil.

Pasalnya, ibu hamil sering merasa sakit punggung ketika tidur. Ditambah, keinginan buang air kecil saat sedang tidur pun membuat ibu hamil tak jarang harus bangun setiap 20 menit sekali.

Perlu diketahui, posisi tidur untuk ibu hamil memang sangat menentukan kenyamanan ibu dan bayi. Lantas, bagaimana posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil?

Baca juga : Ampuh Atasi Nyeri Haid, Lakukan Gerakan Yoga Ini Sekarang !

Seperti dirilis Diply, posisi tidur untuk ibu hamil biasa disebut SOS, yang artinya Sleep On Side alias tidur menyamping. Namun, bukan sembarang menyamping, lo. Ibu hamil disarankan tidur dengan lutut ditekuk ke sisi kiri mereka.

Untuk memberikan beberapa sanggaan beban, tempatkan bantal di antara kaki, di bawah perut, dan di punggung Anda. Tidur dengan diganjal bantal akan membuat ibu hamil nyaman dan mencegah terguling di malam hari.

Hindari Nyeri Punggung, Ibu Hamil Sebaiknya Pilih Posisi Tidur Ini

Posisi tidur menyamping yang baik untuk ibu hamil

Tidur menyamping dengan sanggaan bantal di antara kaki sangat baik bagi ibu hamil karena bisa mengurangi sakit punggung yang sering dikeluhkan. Hal ini karena posisi tersebut membuat tulang belakang senantiasa lurus.

Memilih menghadap kiri dengan sisi kanan berada di atas sisi kiri juga memiliki manfaat tertentu. Pasalnya, hati Anda terletak di sisi kanan dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan di dalam rahim. Tidur di sisi kiri juga akan meningkatkan darah dan nutrisi yang bepergian ke plasenta dan bayi.
(Muspri-sisidunia.com)