Home » News » Sylviana Bantah Bukan Dana Bansos Melainkan Dana Hibah, Ini Penjelasan Polisi

Sylviana Bantah Bukan Dana Bansos Melainkan Dana Hibah, Ini Penjelasan Polisi



Jakarta – Direktorat Tipikor Bareskrim Polri tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi dalam dana hibah Pemprov DKI di Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015. Polisi menyebut ada dugaan penyimpangan dalam penggunaan dana hibah tersebut.

Sylviana Bantah Bukan Dana Bansos Melainkan Dana Hibah, Ini Penjelasan Polisi

Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto

“Berdasarkan fakta yang ada, penyelidik menemukan adanya dugaan penyimpangan penggunaan dana hibah yang diterima oleh Kwarda DKI Jakarta,” terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto seperti yang dilansir dari detikcom, Senin (23/1/2017).

Adapun, terkait posisi Presiden Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Rikwanto mengatakan penyidik tidak perlu memeriksa yang bersangkutan. Sebab, persoalannya terjadi pada penggunaan dana hibahnya, bukan SK Jokowi sebagai gubernur DKI saat itu.

“SK Pemberian danah hibahnya tidak ada masalah, yang jadi masalah adalah penggunaannya. Sehingga tidak perlu memeriksa beliau (Jokowi),” imbuh Rikwanto.

Sementara itu, Rikwanto meluruskan pernyataan Sylviana Murni yang memprotes penggunaan istilah dana bansos.

Baca juga : Korupsi Dana Bansos, Cawagub Nomer Satu Dijadwalkan Jalani Pemeriksaan Hari Jumat 20 Januari 2017

“Dapat kami jelaskan bahwa penggunaan kata ‘dana bansos’ tersebut berdasarkan laporan informasi pengaduan masyarakat yang masuk yang menyataman adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan dana bansos di Kwarda DKI Jakarta,” terang Rikwanto.

“Laporan tersebut lah yang digunakan sebagai dasar diterbitkan Sprin Penyelidikan dan selanjutnya juga tertera dalam surat panggilan. Namun kemudian dalam proses pemeriksaan terhadap Ibu Sylviana Murni, kemudiaan terungkap bahwa dana yang diterima oleh Kwarda DKI bukan bersumber dari dana bansos melainkan bersumber dari dana hibah,” pungkasnya.
(Muspri-sisidunia.com)