Home » Gaya Hidup » Ada Penjelasan Ilmiah Yang Menyebutkan Berkemah Membuat Kita Lebih Produktif

Ada Penjelasan Ilmiah Yang Menyebutkan Berkemah Membuat Kita Lebih Produktif



Jakarta – Untuk menenangkan diri dari tekanan hidup sehari-hari dengan cara pergi berlibur, seseorang akan memanfaatkan waktunya untuk bersenang-senang bersama keluarga atau teman.

Ada Penjelasan Ilmiah Yang Menyebutkan Berkemah Membuat Kita Lebih Produktif

Ilustrasi berkemah

Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menikmati saat berlibur, salah satunya adalah pergi berkemah untuk menyatu bersama alam. Apakah Anda salah satu orang yang menyukai kegiatan berlibur dengan cara yang satu ini?

Baca juga : Warna Rambut Oranye Bakal Jadi Trend di 2017

Karena sebuah studi ilmiah terbaru membuktikan, bahwa berkemah mampu membuat hidup Anda menjadi lebih produktif. Hal ini disebabkan ketika Anda memutuskan untuk pergi berkemah, maka hal tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki jam tidur. Memiliki jam tidur yang teratur, pada dasarnya akan meningkatkan produktivitas Anda. Berkemah Membantu Memperbaiki Pola Tidur

Pernahkah Anda memperhatikan, ketika Anda pergi berkemah, Anda akan lebih cenderung untuk bangun lebih pagi dari biasanya? Berkemah memungkinkan kita untuk menyatu dengan alam dan lingkungan sekitar, hal ini akan berpengaruh terhadap jam tubuh kita, membuat kita lebih siap dalam menghadapi hari dengan semangat serta energi yang baru.

Tidak sedikit orang yang memiliki masalah pada pola tidurnya, hal tersebut disebabkan karena tubuh terlalu sering terpancar cahaya buatan yang berasal dari lampu. Dengan terlalu seringnya tubuh terpancar oleh cahaya lampu, maka hal tersebut akan memanipulasi tubuh kita, menganggap bahwa hari masih belum cukup malam untuk tidur. Padahal tubuh manusia memiliki jam alami, tubuh akan terbangun saat matahari terbit, dan akan mengantuk ketika matahari terbenam.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Kenneth Wright dan rekan-rekannya dalam jurnal “Current Biology”, diungkapkan bahwa terhindar dari pancaran cahaya buatan yang berasal dari lampu selama seminggu, akan membantu seseorang untuk bangun lebih pagi saat matahari terbit.

Ketika seseorang berkemah dan terhindar dari semua paparan sumber cahaya buatan seperti lampu, dan obor, maka hal tersebut akan memaksa seseorang untuk tidur sesuai dengan irama alam. Bayangkan saja manfaat yang akan didapatkan bila pola tidur Anda membaik, Anda akan terbangun lebih pagi secara alami dan lebih siap dalam menghadapi hari.

Sebuah jurnal penelitian mengungkapkan, bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari akan berpengaruh terhadap produktivitas hidupnya.

Jens Bonke dari Rockwool Foundation Research Unit pernah menerbitkan sebuah jurnal yang diberi judul Annals of Economics and Statistics, dalam hasil penelitiannya tersebut menunjukan bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari, lebih mudah untuk mengembangkan diri mereka, sehingga mereka lebih cenderung memiliki banyak uang daripada mereka yang lebih memilih untuk bangun siang. Menurut Bonke, orang-orang lebih cenderung menghargai mereka yang bangun lebih awal di pagi hari, karena mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Hal tersebut diyakini Bonke sebagai alasan mengapa seseorang yang bangun lebih pagi cenderung lebih sukses dalam karirnya, dan memiliki uang yang banyak dari hasil kerjanya. Produktivitas yang dimiliki seseorang akan berdampak besar pada hidupnya, sedangkan mereka yang lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya di pagi hari, tidak akan menjadi lebih sukses dibanding mereka yang kerap bangun lebih awal di pagi hari.

Jika Anda memiliki waktu untuk berlibur, Anda dapat menggunakannya untuk pergi berkemah, karena ada manfaat yang besar yang akan berdampak pada hidup Anda. Terlebih bagi Anda yang belum pernah mencobanya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk pergi berkemah?

(bens – sisidunia.com)