Home » News » Para Petani Minahasa Tenggara Dapat Bantuan 75 Ton Bibit Padi Dari Kementan

Para Petani Minahasa Tenggara Dapat Bantuan 75 Ton Bibit Padi Dari Kementan



Minahasa Tenggara – Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2017 menyiapkan 75 ton benih padi bagi para petani di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Para Petani Minahasa Tenggara Dapat Bantuan 75 Ton Bibit Padi Dari Kementan

Ilustrasi

“Benih yang disiapkan oleh Kementan ini merupakan bantuan yang disiapkan pemerintah pusat bagi para petani di Kabupaten Minahasa Tenggara,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara Elly Sangian dikutip dari Antara, Minggu (22/1/2017).

Ia menuturkan, bantuan tersebut nantinya akan diserahkan kepada para petani melalui kelompok-kelompok tani yang telah dibentuk.

“Tapi tetap para petani yang tergabung dalam setiap kelompok ini, harus diverifikasi secara jelas terlebih dahulu,” jelas dia.

Elly menjelaskan, bagi para calon penerima bantuan tersebut, akan mendapatkan benih sejumlah 27 kilogram (kg) per hektar (ha).

“Dari besaran bantuan yang diberikan tersebut, kita menyiapkan lahan seluas 3.000 ha untuk ditanami padi,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, dengan adanya bantuan benih tersebut dapat meningkatkan produksi gabah kering di Minahasa Tenggara.

“Apalagi untuk tahun ini kita akan melaksanakan cetak sawah baru, dengan luas 100 ha,” pungkas dia.

Baca juga : Kementan Siapkan Terobosan Untuk Mengurangi Impor Beras

Sebelumnya, Kementan juga menyalurkan sebanyak 10,4 ton benih padi ke para petani bima. Kementan Hasil Sembiring menginstruksikan dua direkturnya tanggap dan sigap dalam menanggulangi lahan pertanian dampak bencana banjir di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) seluas 725 hektare (ha).

Dua direktur tersebut yakni Direktur Perbenihan Tanaman Pangan untuk mengucurkan cadangan benih nasional dan Direktur Perlindungan Tanaman Pangan guna melakukan analisis bencana.

Atas dasar instruksi tersebut, Kementan menyerahkan benih padi gratis sebanyak 10,4 ton kepada kelompok tani di Kabupaten Bima. Pemberian benih ini untuk memulihkan daerah tersebut. Penyerahan ini digelar di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Bima oleh Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan Dwi Iswari, mewakili Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan dan Kepala Dinas Pertanian Bima Rini Indriati.
(Muspri-sisidunia.com)