Home » News » Berita Duka : Perancang Masjid Istiqlal Meninggal Dunia

Berita Duka : Perancang Masjid Istiqlal Meninggal Dunia



Jakarta – Tim perancang Masjid Istiqlal Reguel Sidjabat tutup usia pada umur 80 tahun. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Sabtu 20 Januari kemarin.

Berita Duka : Perancang Masjid Istiqlal Meninggal Dunia

Istiqlal Reguel (kiri) bersama Fredrich Silaban (tengah) saat pengerjaan Masjid Istiqlal. (@raulisijabat)

Kerabat almarhum Rauli Sijabat melalui akun Twitter-nya @raulisijabat menyatakan, almarhum meninggal di RSCM pada pukul 19.50 WIB.

“Telah berpulang ke rumah Bapa, Ir. H. Reguel Sidjabat (80 thn), Sabtu (20/1) pukul 19.50 di RSCM… [pic],” tweet Rauli seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Minggu (22/1/2017).

Pada hari yang sama di akun Path, Rauli juga menyebutkan, almarhum disemayamkan di Rumah Duka Dharmais. “Alm Ir HR Sidjabat adalah sepupu dari Almarhum Ayah dan termasuk salah satu perantau pertama marga Sidjabat dari Tomok, Samosir ke pulau Jawa.”

Menurut cerita yang pernah dia dengar dari berbagai sumber di keluarga besar Sidjabat, kata Rauli, selulus SMA almarhum melanjutkan kuliah di ITB Bandung dan berkarir di Pekerjaan Umum (PU) Jakarta.

Rauli menyebutkan, salah satu karya Reguel Sidjabat adalah turut menjadi tim yang membangun Mesjid Istiqlal Jakarta pada 70-an.

Baca juga : Kabar Peserta Demo Meninggal Dunia, Habib Rizieq : “Semoga Menjadi Ahli Surga”

“Bekerja satu tim dengan arsitek yang merancang Mesjid Istiqlal yaitu Fredrich Silaban. Alm menjadi Kepala Bidang Teknik di bawah supervisi Prof. Dr. Ir. Rooseno,” dia memaparkan.

Rauli mengatakan salah satu kutipan dari biografi Reguel Sidjabat yang banyak menginspirasi marga Sidjabat mengikuti teladannya adalah: Ir HR Sidjabat merupakan pejabat PU yang ditempatkan di perusahaan negara bernama PN Indah Karya. Ia menjabat sebagai Kepala Cabang PN Indah Karya Jakarta sekaligus Structure Engineer dan Direksi Proyek Masjid Istiqlal.

“Dalam proyek ini ia memiliki peran sangat penting sehubungan dengan keahliannya dalam bidang struktur bangunan dan struktur beton,” kata Rauli.

“Selamat Jalan Bapatua, terima kasih sudah menjadi inspirasi bagi banyak marga Sidjabat, untuk merantau demi meraih kehidupan yang lebih baik melalui pendidikan tinggi, dan turut serta membangun negeri. Turut berduka untuk keluarga Reguel Sidjabat yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan penghiburan,” Rauli menandaskan.
(Muspri-sisidunia.com)