Home » News » Penertiban Aktivitas Pemeliharaan Satwa Liar Dilindungi, BBKSDA Geledah Rumah Camat Majalaya

Penertiban Aktivitas Pemeliharaan Satwa Liar Dilindungi, BBKSDA Geledah Rumah Camat Majalaya



Bandung – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat bekerja sama dengan Ditreskrimsus Polda Jabar berhasil menyita sejumlah satwa liar dilindungi yang dipelihara oleh masyarakat. Satwa-satwa itu nantinya akan dititipkan ke Taman Safari.

Penertiban Aktivitas Pemeliharaan Satwa Liar Dilindungi, BBKSDA Geledah Rumah Camat Majalaya

Satwa liar dilindungi disita dari rumah Camat Majalaya di Bandung

Penertiban aktivitas pemeliharaan satwa liar dilindungi itu berlangsung di kediaman Camat Majalaya Ajat Sudrajat di Kampung Rancaenong RT 01 RW 16 Desa Cibodas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jumat (20/1/2017) pukul 13.00 WIB.

“Penyitaan (satwa liar dilindungi) ini kami lakukan di rumah Ajat Sudrajat (Camat Majalaya) siang tadi,” Kepala BBKSDA Jabar Sustyo Iriyono via pesan singkat, Jumat (20/1) malam.

Sustyo menuturkan satwa-satwa liar dilindungi yang disita dari rumah Camat Majalaya itu antara lain satu ekor merak Jawa (Pavo munticus) dan satu ekor elang bondol (Haliatus indus) yang kondisi kakinya luka. Petugas juga berhasil mengamankan tiga ekor burung bayan (Lorius roratus) dan satu ekor kakatua putih besar jambul kuning (Cacatua galerita) dalam kondisi sayap terluka.

“Kami juga mengamankan dua buah offset kepala rusa (Cervus timorensis) dari rumah Camat Majalaya,” kata Sustyo.

Baca juga : Beruang Yang Kurus di Kebun Binatang Bandung Dalam Kondisi Sehat

“Satwa yang disita menurut pengakuan (Camat Majalaya) berasal dari masyarakat (pembelian),” tambah dia.

Sustyo mengatakan saat ini satwa-satwa hasil sitaan itu sementara waktu diamankan di kantor BBKSDA Jawa Barat. Satwa-satwa itu perlu menjadi barang bukti untuk proses penyelidikan lebih lanjut oleh Ditreskrimsus Polda Jabar.

“Jadi nanti selama proses penyelidikan (satwa-satwa) itu rencananya akan dititiprawatkan di Taman Safari,” ujar Sustyo.
(Muspri-sisidunia.com)