Home » News » Jadi Presiden AS, Ini Yang Segera Dilakukan Donald Trump

Jadi Presiden AS, Ini Yang Segera Dilakukan Donald Trump



Washington – Setelah resmi menjajal Gedung Putih, sasaran utama Presiden AS Donald Trump adalah asuransi kesehatan bernama Obamacare. Kebijakan bernama resmi Affordable Care Act besutan mantan presiden Barack Obama itu dinilai ‘membebani’ masyarakat.

Jadi Presiden AS, Ini Yang Segera Dilakukan Donald Trump

Donald Trump

Dalam serangan pembukaan, Trump menandatangani perintah eksekutif untuk memerintahkan sejumlah lembaga federal menghapus sejumlah regulasi Obamacare, Jumat (20/1/2017), seperti dengan memberi keringanan, penundaan, dan pembebasan terhadap asuransi kesehatan tersebut.

Baca juga : Usai Pelantikan Presiden Trump, Situs Gedung Putih Menampilkan Dua Konten Baru

Awalnya, Obamacare menerapkan sistem sanksi dan denda jika seseorang tidak memiliki atau telah membayar asuransi. Perintah eksekutif Trump meminta agen-agen federal untuk memungkinkan negara bersikap lebih fleksibel dalam program perawatan kesehatan masyarakat.

Kepala Staf Reince Priebus, dilansir BBC, mengatakan perintah eksekutif Trump adalah untuk meminimalisir beban ekonomi kebijakan. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

“Ini tanda pemerintah Trump ingin melepaskan hukum yang melekat (pada kebijakan pendahulunya) sebisa mungkin secara pemerintahan,” kata Larry Levitt dari Kaiser Family Foundation. Lembaga tersebut fokus pada analisis dan informasi tentang sistem perawatan kesehatan.

Mungkin butuh waktu beberapa pekan atau bulan agar serangan pertama Trump berimbas pada Obamacare. Sejumlah departemen pemerintahan terkait kesehatan, layanan masyarakat dan keuangan akan butuh mengeluarkan kebijakan tertentu agar sejalan dengan keinginan presiden.

Levitt menilai perintah Trump tersebut akan membuat bingung sektor asuransi negeri. “Ini akan membuat sejumlah ketidakpastian signifikan dan berimbas pada kemampuan pemegang asuransi pada 2018,” kata Levitt.

(bens – sisidunia.com)