Home » News » Jelang Pelantikan Trump, China Akan Jalin Kerjasama Baru Dengan AS

Jelang Pelantikan Trump, China Akan Jalin Kerjasama Baru Dengan AS



Geneva – Pemerintah China dengan Amerika Serikat akan membangun hubungan model baru sebagai bagian dari pembentukan ‘lingkaran persahabatan’ yang dicanangkan China di dunia.

Jelang Pelantikan Trump, China Akan Jalin Kerjasama Baru Dengan AS

Bendera Negara China dan Amerika Serikat

Hal tersebut diungkapkan Presiden China, Xi Jinping dalam pidatonya di Sidang PBB, Geneva, Rabu (18/7/2017). Dalam pidatonya, pemimpin Xi Jinping mengungkapkan keinginan warga China untuk memainkan peranan kerjasama internasional.

Baca juga : Heboh Foto Bendera RI Bertuliskan Arab Saat Demo Massa FPI 16 Januari 2017

“Kami selalu mengutamakan hak dan kepentingan rakyat, dan berupaya keras membangun hak-hak asasi manusia. China tidak pernah melakukan ekspansi, hegemoni atau pengaruh,” kata Xi Jinping.

Ucapan itu bertolak belakang dengan kenyataan bahwa China melakukan ekspansi militer ke Laut China Selatan dengan merebut dan membangun dua pulau untuk dijadikan pangkalan militernya. Sejumlah kelompok pembela HAM juga menuduh Beijing melakukan pelanggaran HAM.

Selanjutnya, Xi Jinping menekankan akan membangun hubungan model baru dengan AS, dan melakukan kerjasama komprehensif dan strategis dengan Rusia. “Menjalin persahabatan untuk perdamaian, pertumbuhan, reformasi di antara perbedaan umat manusia,” kata Xi Jinping.

Di sisi lain, Pemimpin China meminta persatuan untuk memerangi perubahan iklim dan melawan aksi terorisme, termasuk pelucutan senjata nuklir.

“Kesepakatan Paris bisa menjadi batu loncatan bagi sejarah perubaham iklim pemerintahan. Kita harus bisa memastikan bahwa upaya ini tidak melenceng. China akan melanjutkan langkah-langkah menanggulangi perubahan iklim dan memenuhi kewajiban kami,” kata Xi Jinping.

(bens – sisidunia.com)