Home » News » Anggota DPRD Bekasi Diperiksa KPK Terkait Dugaan Suap PUPR

Anggota DPRD Bekasi Diperiksa KPK Terkait Dugaan Suap PUPR



Bekasi – Anggota DPRD Bekasi Muhammad Kurniawan kembali dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyidikan kasus dugaan suap proyek jalan di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Anggota DPRD Bekasi Diperiksa KPK Terkait Dugaan Suap PUPR

Anggota DPRD Bekasi Muhammad Kurniawan

“Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SKS (So Kok Seng Seng alias Aseng),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Ini merupakan pemanggilan kesekian kali bagi Politikus PKS itu. Kurniawan terakhir diperiksa KPK pada Jumat 29 Maret 2016.

Diketahui, nama Kurniawan sempat disebut dalam persidangan perkara suap ini. Dia disebut-sebut perantara suap dari Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa, So Kok Seng alias Aseng kepada Wakil Ketua Komisi V DPR yang juga dari PKS, Yudi Widiana Adia.

Aseng mengaku pernah memberikan uang sebesar Rp2,5 miliar kepada Kurniawan pada sekitar bulan Desember 2015. Uang tersebut disebut Aseng ditujukan untuk Yudi Widiana terkait proyek pekerjaan jalan.

Baca juga : Syahbandi Laporkan Oknum DPRD Karena Merasa Titipu

Selain itu, Aseng juga pernah memberikan uang lain sebesar Rp3 miliar ke Kurniawan. Menurut Aseng, uang tersebut diminta dengan dalih Kurniawan bisa mengamankan dia dari jeratan KPK. Namun, pada akhirnya Aseng ditetapkan tersangka oleh KPK.

Aseng menyebut bahwa saat itu Kurniawan pernah berkata bahwa dia tengah diincar oleh KPK. Hal tersebut tak lama setelah KPK menangkap tangan anggota Komisi V DPR, Damayanti Wisnu Putranti.

Uang diberikan untuk mengupayakan proyek-proyek dari program aspirasi DPR disalurkan untuk proyek pembangunan atau rekonstruksi jalan di Maluku dan Maluku Utara.
(Muspri-sisidunia.com)