Home » Techno » Ternyata ini Dibalik Rahasia Pembelian Oculus

Ternyata ini Dibalik Rahasia Pembelian Oculus



California – Memasuki babak baru, gugatan hukum pada Oculus yang kini dimiliki Facebook. Pada sidang yang terakhir, CEO Facebook Mark Zuckerberg yang ikut bersaksi mengungkapkan fakta baru.

Ternyata ini Dibalik Rahasia Pembelian Oculus

Mark Zuckerberg

Zuckerberg menyebut, nilai akusisi yang digelontorkan Facebook ternyata lebih besar dari laporan selama ini. Dikutip dari CNET, Rabu (18/1/2017), total uang yang dikeluarkan raksasa media sosial itu untuk membeli Oculus mencapai US$ 3 miliar.

Jumlah itu jauh lebih besar US$ 1 miliar dari pengumuman resmi Facebook saat membeli Oculus pada 2014. Selisih itu ternyata digunakan untuk retensi bonus sebesar US$ 700 dan US$ 300 untuk insentif potensial.

Baca juga : Inilah 3 Kelsalahan Dalam Pembuatan Password

Selama kesaksian tersebut, suami dari Priscillia Chan itu juga menuturkan klaim ZeniMax (salah satu pengembang gim asal Amerika Serikat yang menggugat Facebook) tak berdasar. Bahkan ia menyebut gugatan itu sebagai cara Zenimax mendapat banyak uang, terlebih ia tak pernah mendengar nama perusahaan itu sebelumnya.

Setelah sidang, baik Facebook dan Zenimax sendiri tak memberikan komentar apapun. Namun, tim hukum Facebook tak pernah mendiskusikan permasalah ini dengan Zuckerberg karena gugatan itu dianggap tak kredibel.

Sebagai informasi, inti dari gugatan ini dilayangkan pada peran CTO Oculus John Carmack, yang sebelumnya pernah menjalankan perusahaan bernama id Software. Bersama id Software, Carmack sempat bekerja dengan Zenimax untuk menggarap gim Doom dan Quake.

Kemudian, Carmack bersama lima karyawannya ‘dibajak’ untuk bergabung dengan Oculus. Kepindahan itu diklaim menjadi celah Oculus mendapatkan informasi rahasia Zenimax yang kemudian diterapkan dalam perangkat lunak virtual reality (VR) besutannya. (bens – sisidunia.com)