Home » News » Meski Tidak Terdaftar di DPT, Warga Tetap Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

Meski Tidak Terdaftar di DPT, Warga Tetap Bisa Menggunakan Hak Pilihnya



Jakarta – Pada Pilkada DKI 2017, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya akan menerima warga yang tidak termasuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk menggunakan hak pilihnya.

Meski  Tidak Terdaftar di DPT, Warga Tetap Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

Gambar Ilustrasi

Sumarno mengatakan, mereka harus memenuhi syarat, yakni menunjukkan e-KTP kepada petugas KPU yang ada di tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga : Pelantikan Marsdya Hadi Tjahjanto Sebagai KSAU Dilakukan Siang Ini

“Bagi masyarakat yang tidak terdaftar di DPT datang ke TPS-nya satu jam sebelum pemungutan suara berakhir,” ujar Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Ia menambahkan, alamat di e-KTP warga harus sesuai domisili TPS itu berada. Apabila tidak sesuai, maka pihaknya tidak akan mengizinkan dia mencoblos di TPS tersebut.

“Jadi alamat yang ada di e-KTP harus sesuai lokasi TPS,” imbuh Sumarno.

Bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik, harus menunjukkan surat keterangan dari Disdukcapil yang menerangkan bahwa yang bersangkutan tinggal di alamat itu.

“Kalau belum punya e-KTP, mereka cukup menunjukkan dari surat dari Disdukcapil kalau dia berdomisili di alamat tersebut,” jelasnya.

Sumarno menyatakan tidak mengetahui jumlah warga yang tidak masuk DPT. “Ya enggak tahu, yang kita tahu hanya yang terdaftar,” ujar Sumarno.

(bens – sisidunia.com)