Home » Otomotif » Inilah Penyebab Timbulnya Asap Putih Pada Knalpot Motor

Inilah Penyebab Timbulnya Asap Putih Pada Knalpot Motor



Depok – Keluarnya asap dari bagian knalpot adalah salah satu masalah yang kerap timbul pada sepeda motor lawas. Namun hal tersebut terkadang tidak berlaku pada rpm rendah. Asap akan keluar jika motor digeber di rpm tinggi.

Inilah Penyebab Timbulnya Asap Putih Pada Knalpot Motor

Inilah Penyebab Timbulnya Asap Putih Pada Knalpot Motor

Reki Suhendra, pemilik bengkel L12 yang terletak di Sawangan, Depok, mengatakan keluarnya asap yang berwarna putih di rpm tinggi adalah indikasi awal bahwa ada kerusakan pada komponen mesin.

Baca juga : Daihatsu Hi-Max Hadir Sebagai Kendaraan Niaga Kecil, Ini Tanggapan PT Tata Motors Indonesia

“Itu indikasi awal kerusakan di seher atau piston dan klep. Kalau sudah laher tidak peduli rpm rendah atau tinggi, akan keluar asap,” ujar Reki kepada Liputan6.com, Rabu (18/1/2017).

Menurut dia, piston yang selalu bergesekan pada putaran tinggi membuat ringnya rusak dan membuat membuat oli merembes ke ruang pembakaran. Oli inilah yang kemudian terbakar, dan menyebabkan timbulnya asap putih.

Ada lagi asap hitam. Jika yang keluar berwarna gelap, maka masalahnya adalah ikut terbakarnya timbunan kerak karbon di ruang bakar atau di saluran knalpot. Asap hitam juga bisa muncul karena bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlampau banyak ketimbang udara.

Pada motor jenis tertentu, keluarnya asap putih juga disebabkan karena ring seher belum mengembang.
“Biasanya di Yamaha Scorpio. Kalau belum panas, maka ring sehernya menciut sehingga oli masuk. Tapi setelah panas akan tertutup,” tambah Reki.

Sementara pada Yamaha Byson, asap hanya keluar pada rpm tinggi itu disebabkan karena pada saluran knalpotnya terdapat ruang khusus yang terletak di antara standar tengah.

“Knalpot Byson unik, dia ada tabung lagi di tengahnya. Jadi asapnya keluar hanya di rpm tinggi saja. Kalau knalpot racing tidak ada itu, kemungkinan keluar asap pada rpm rendah lebih besar,” tutup Reki.

(bens – sisidunia.com)