Home » News » Belum Diketahui Dengan Jelas Jumlah Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Kamp Militer Mali

Belum Diketahui Dengan Jelas Jumlah Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Kamp Militer Mali



Mali – Terjadi bom bunuh diri di kamp militer, utara Mali, Afrika Barat. Sebanyak 33 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Dketahui, pelaku memasang bomnya di dalam sebuah kendaraan lalu menabrakannya ke arah kamp militer Mali di Kota Gao.

Belum Diketahui Dengan Jelas Jumlah Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Kamp Militer Mali

Gambar ilustrasi

Masih belum jelas jumlah korban sejatinya. Militer setempat mengatakan korban tewas berjumlah 25 orang. Akan tetapi pasukan penjaga perdamaian PBB, MINUSMA, menyebut 33 orang meninggal.

Insiden ini disaksikan oleh beberapa orang dan seorang sukarelawan penjaga misi perdamaian PBB. Reuters, Rabu (18/1/2017), melaporkan wartawannya tiba di lokasi kejadian setelah ledakan terjadi pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga : Penemuan Ratusan Butir Denator Bom di Bandara Hasanuddin

Mereka juga melihat banyak orang sudah tergeletak tak berdaya di sekitar kamp. Mobil ambulans pun sibuk mondar-mandir mengangkut orang yang meninggal dan terluka. Sementara helikopter terbang berputar di atasnya.

“Kondisinya sangat mengerikan. Serangan itu terjadi saat mereka sedang mengadakan pertemuan. Ini saya baru pulang dari rumah sakit, menengok mayat-mayat yang tubuhnya hancur berkeping-keping dan tumpukan mayat lainnya,” ujar seorang warga bernama Kader Toure.

Kamp militer tersebut merupakan rumah bagi para tentara pemerintah dan anggota dari berbagai kesatuan lainnya di padang gurun utara Mali. Lokasinya sesuai dengan kesepakatan damai yang sudah dimediasi oleh PBB.

Menteri Dalam Negeri Prancis Bruno le Roux menggambarkan ledakan ini sebagai serangan besar dan sangat simbolis. Apalagi mengingat ledakan bom bunuh diri tersebut terjadi sehari setelah kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande. (bens – sisidunia.com)