Home » News » Kuli Bangunan Nyamar Sebagai Polisi Untuk Lakukan Penipuan

Kuli Bangunan Nyamar Sebagai Polisi Untuk Lakukan Penipuan



Jakarta – Seorang pria melancarkan aksinya dengan berpura-pura sebagai anggota Polri. Pria yang tidak disebutkan identitasnya itu mencari mangsa di media sosial Facebook.

Kuli Bangunan Nyamar Sebagai Polisi Untuk Lakukan Penipuan

Percakapan Penipu Via WA Kepada Korbannya

Untuk meyakinkan korbannya yang kebanyakan wanita, pelaku memasang foto seorang anggota Polri berwajah tampan. Padahal, tampang pria itu tidak sama dengan foto yang dipasang di facebooknya.

Aksi penipuan yang dilakukan pria ini berhasil dibongkar oleh relawan Cybercrime Wath Indonesia (CWI). Relawan CWI yang menyamar sebagai wanita mencoba melakukan komunikasi lewat WhatsApp.

Dalam capture percakapan yang diunggah di Youtube CWI, terungkap modus penipuan yang dilakukan pria ini. Kasus ini terungkap tahun 2016 lalu.

Dengan mengaku sebagai anggota Polri yang bertugas di Polda Riau, pria itu mencoba meyakinkan korbannya bahwa di seorang polisi dengan status duda beranak satu.

Kepada korbannya, pelaku mengaku menaruh hati dan ingin menjalin hubungan lebih serius. Namun, dalam percapakan tersebut polisi gadungan itu meminta bantuan dana untuk keperluan anaknya yang tengah sakit.

Baca juga : Kapolres Kayong Utara Ungkap Penipuan Dengan Modus Mencatut Namanya

Ke korbannya pria itu mengaku sedang tersangkut kasus di tempatnya bekerja sehingga tidak memiliki uang. Bahkan dia mengirimkan nomor rekening agar korbannya mengirim uang untuk keperluan berobat anaknya.

Hasil penyelidikan tim CWI terungkap kalau pria yang mengaku sebagai polisi di Facebook ternyata hanya tukang kuli bangunan !.

Jadi berhati-hatilah berkenalan di media sosial dengan orang yang baru dikenal. Jangan terkecoh dengan tampang ganteng atau cantik.
(Muspri-sisidunia.com)