Home » News » Disela Kunjungan Perdana Menteri Jepang Ke Indonesia, Ibu Negara RI Membatik Bersama Istri PM Jepang

Disela Kunjungan Perdana Menteri Jepang Ke Indonesia, Ibu Negara RI Membatik Bersama Istri PM Jepang



Jakarta – Di sela-sela pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri PM Jepang, Akie Abe meluangkan waktu minum teh bersama.

Disela Kunjungan Perdana Menteri Jepang Ke Indonesia, Ibu Negara RI Membatik Bersama Istri PM Jepang

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri PM Jepang Akie Abe saat melihat kerajinan batik di Istana Bogor, Jawa Barat

Adapun jamuan teh yang didangkan adalah jamuan teh khas Indonesia di salah satu ruang Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor. Selang 15 menit kemudian, kedua Ibu Negara yang menggunakan busana senada berwarna oranye keluar dari ruang jamuan menuju tempat pameran.

Keduanya kemudian berkesempatan melihat ruang pameran yang secara khusus disiapkan dalam kunjungan kenegaraan ini. Sejumlah kerajinan khas Indonesia menghiasi ruang pamer tersebut.

“Di antaranya ialah kerajinan perak dari Lombok Nusa Tenggara Barat, Batik Solo, Batik Madura, Songket Palembang, Tenun Ikat Flores, dan sejumlah kerajinan khas Indonesia lainnya,” demikian keterangan tertulis dari Biro Pres dan Media Sekretariat Presiden, Minggu (15/12017).

Iriana memperkenalkan satu per satu kerajinan khas Indonesia kepada Akie Abe. Keduanya dengan akrab melihat dan mengunjungi setiap pameran kerajinan.

Bahkan saat mengunjungi salah satu tempat pameran batik, Iriana mengajak Akie Abe untuk membuat batik di atas kain dengan canting dan dengan senang hati istri PM Jepang tersebut menerima tawaran Iriana.

Baca juga : Jepang Bebaskan Visa Kunjungan untuk Warga Indonesia

Bahkan, Akie Abe menyempatkan diri menuliskan inisial namanya “A.A” di atas kain batik yang dibuat. Iriana pun memberikan pujian dan apresiasi atas hasil membatik Akie Abe.

“Bagus ya..,” ujar Iriana sambil memberikan tepuk tangan sebagai tanda pujian kepada Akie Abe.

Menjelang 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, kehangatan yang ditunjukkan kedua Ibu Negara dapat mempererat persahabatan yang semakin baik antara Indonesia dan Jepang di masa datang.
(Muspri-sisidunia.com)