Home » Travel & Kuliner » Tanpa Gelatin, Chef Ini Ungkap Rahasia Bikin Mousse Pandan Yang Lembut

Tanpa Gelatin, Chef Ini Ungkap Rahasia Bikin Mousse Pandan Yang Lembut



Jakarta – Mousse identik dengan tambahan gelatin. Dengan sentuhan Indonesia, chef Lukman menciptakan kreasi cake pandan tanpa gelatin.

Tanpa Gelatin, Chef Ini Ungkap Rahasia Bikin Mousse Pandan Yang Lembut

Mousse Pandan

Setelah selesai membuat American Classic Chocolate Cake, sekitar 30 peserta lanjut membuat resep kedua yaitu Creamy Pandan Gelatin Free Cake.

Mousse cake identik dengan kue bergaya Eropa. Untuk membuat sentuhan tradisional Senior pastry chef Lukman tampilkan kue dengan gaya berbeda.

“Kue Indonesia tidak mengenal gelatin. Untuk menggantinya saya membuatnya dengan campuran agar-agar, kuning telur dengan tepung maizena,” ujar Lukman Hakim, Senior Pastry Chef dilansir dari detikfood (14/01).

Dengan menggunakan lapis legit sebagai basenya. Para peserta dengan semangat membuat cream pandan sebagai moussenya.

“Walaupun semua bahan harus dicampur semua. Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan saat proses pencampuran,” tambah Chef Lukman.

Menurut chef Lukman, sebaiknya agar-agar tidak langsung dicampurkan dalam satu wadah. Agar-agar bisa dicampurkan terlebih dahulu dengan gula.

Sedangkan maizena dilarutkan dengan susu segar. Dan baru dimasukkan ke dalam bahan lainnya. “Ini lakukan agar adonan mousse tidak menggumpal,” jelas chef Lukman.

Dalam proses pembuatan mousse, harus sambil diaduk agar adonan bagian bawahnya tidak gosong.

Baca juga : Seblak Asal Bandung Lebih Nikmat Dengan Ceker Ayam Yang Pedas

Tambahkan essence pandan sebelum adonan diangkat. Dan tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diberi alas lapis legit. Simpan dalam chiller dan hias dengan daun pandan serta buah strawberrry.

Untuk menciptakan resep gelatin free ini, chef Lukman mencobanya hingga 4 kali.

“Resep mousse tanpa gelatin ini bisa dibilang baru. Dengan konsistensi tertentu dari agen pengental (maizena, kuning telur dan agar-agar) bisa hasilkan tekstur mousse cake yang creamy,” tutup chef Lukman yang memiliki banyak pengalaman di bidang industri pastry.
(Muspri-sisidunia.com)