Home » News » Pengamat Sarankan Semua Partai Boleh Ajukan Capres dan Cawapres

Pengamat Sarankan Semua Partai Boleh Ajukan Capres dan Cawapres



Jakarta – Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, seluruh Partai Politik (parpol) harus diberikan kesempatan yang sama untukk mengusung calon calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Pengamat Sarankan Semua Partai Boleh Ajukan Capres dan Cawapres

Gambar ilustrasi

“Bukan lagi sebaliknya, tapi harus diberikan kesempatan mengusung calon presiden, ini demi demokrasi. Beri saja kesempatan kepada partai-partai asalpartai itu sudah legal,” kata Emrus, Minggu (15/1/2017).

Baca juga : Annisa Pohan Debat di Media Sosial Path Untuk Membela Suaminya

Menurut Emrus, capres yang sudah malang-melintang belum tentu lebih baik dengan yang diusung parpol baru. Partai yang baru disahkan tersebut akan berkoalisi untuk menyaring calon terbaik.

“Justru parpol baru akan berkoalisi untuk mencari capres yang bermutu. Sementara partai yang sudah eksis bisa jadi tidak berkolaborasi atau istilahnya berkoalisi,” lanjut Emrus.

Selain itu, Emrus juga menyampaikan dengan diberikannya kesempatan sama maka akan banyak capres yang akan berlomba-lomba mencari capres yang berkualitas.

“Partai lama tidak perlu ketakutan, justru ini menjadi tantangan bagi mereka, supaya mengusung presidenyang lebih bermutu daripada partai yang baru,” pungkasnya.

(bens – sisidunia.com)