Home » News » Bangun Ruang Terbuka Hijau Untuk Meningkatkan Mutu Lingkungan Hidup Masyarakat Perkotaan

Bangun Ruang Terbuka Hijau Untuk Meningkatkan Mutu Lingkungan Hidup Masyarakat Perkotaan



Jakarta – Universitas Indonesia (UI) melakukan pendampingan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor. Pendampingan dilakukan untuk menjadikan RTH yang berkualitas sekaligus meningkatkan mutu lingkungan hidup perkotaan sebagai sarana pengaman lingkungan kota.

Bangun Ruang Terbuka Hijau Untuk Meningkatkan Mutu Lingkungan Hidup Masyarakat Perkotaan

UI Dampingi Pembangunan 4 Ruang Terbuka Hijau di Bogor

Ada empat RTH yang mendapatkan pendampingan pada program ini, yaitu yang berlokasi di Pondok Rajeg, Waringin Permai, Karadenan serta Sukahati.

Ova Candra Dewi anggota tim dari Fakultas Teknik UI menyatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah melakukan revitalisasi dari RTH yang sudah ada.

“Fokus program ini adalah pengembangan fungsi RTH termasuk di dalamnya mendukung nilai sosial antar warga serta kelestarian lingkungan sekitar,” kata Ova melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Dia berharap, karena ini taman milik warga, maka dijaga bersama-sama oleh warga. Semuanya barang-barangnya, keamanannya. Terutama kebersihan di taman.

“Bagi anak-anak, taman ini bisa lebih dekat dan lebih mengenal alam, jangan gadget melulu,” kata Ova Candra Dewi anggota tim dari FT-UI, Jumat (13/1/2017).

Baca juga : Lahan Terbuka Hijau Jadi Rancangan Program Agus Bila Terpilih Jadi Gubernur DKI

Ova ingin seluruh RTH tersebut dapat berfungsi secara berkesinambungan setelah kegiatan pendampingan berakhir. Keberadaan RTH ini diharapkan pada akhirnya mampu meningkatkan mutu lingkungan hidup masyarakat di daerah perkotaan.

RTH nantinya juga berfungsi sebagai sarana pengamanan lingkungan sekitar serta sekaligus menciptakan keserasian dan keharmonisan antara lingkungan sekitar dengan masyarakat yang pada akhirnya berguna bagi kepentingan warga.
(Muspri-sisidunia.com)