Home » News » Sejarah : Video Saat Soekarno Bacakan Sumpahnya Sebagai Presiden

Sejarah : Video Saat Soekarno Bacakan Sumpahnya Sebagai Presiden



Jakarta – Pada 14 April 1949 akhirnya dilakukan sebuah perundingan antara Indonesia dan Belanda yang disebut perjanjian Roem Roijen. Namanya diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dari Indonesia dan Herman van Roijen dari Belanda.

Sejarah : Video Saat Soekarno Bacakan Sumpahnya Sebagai Presiden

Soekarno Saat Bacakan Sumpahnya Sebagai Presiden

Kemudian ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Maksud pertemuan ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Prabowo Diusung Gerindra Sebagai Capres 2019, Jokowi Bakal Kembali Menjadi Rival ?

Tidak sampai sana, kemudian dilakukan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949. Kemudian akhirnya dalam konferensi itu Belanda mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.

Dalam perjanjian itu, Belanda juga sepakat bahwa kemerdekaan Indonesia jatuh pada 17 Agustus 1945 saat teks proklamasi dibacakan Ir Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur.

Bersamaan dengan itu pada 6–14 Desember 1949 KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) mengadakan persiapan berkenaan dengan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) dan alat kelengkapan negara.

Sumpah Jabatan Soekarno Presiden RIS, Yogya 1949

17 Desember 1949, Soekarno dilantik sebagai Presiden RIS di Keraton Yogyakarta.

Posted by Video Sejarah on sábado, 17 de diciembre de 2016

Kemudian pada 16 Desember 1949 Soekarno dipilih untuk menjabat sebagai Presiden RIS dan Mohammad Hatta dipilih sebagai Wakil Presiden RIS. Keduanya dilantik di Yogyakarta pada 17 Desember 1949. (bens – sisidunia.com)