Home » Techno » Jadi Aspek Penting Dalam Video Game, Produsen Game Raksasa Jepang Perkenalkan Kontroler Joy-Con

Jadi Aspek Penting Dalam Video Game, Produsen Game Raksasa Jepang Perkenalkan Kontroler Joy-Con



Jakarta – Salah satu yang menarik dari Nintendo Switch adalah kontroler unik yang diberi nama Joy-Con. Di event livestream 13 Januari 2017 lalu, produsen game raksasa Jepang ini pun mengupas tuntas kontroler Joy-Con.

Jadi Aspek Penting Dalam Video Game, Produsen Game Raksasa Jepang Perkenalkan Kontroler Joy-Con

Kontroler Joy-Con dari Nintendo Switch

Di atas panggung, Yoshiaki Koizumi selaku Nintendo Switch General Producer mengatakan bahwa kontroler menjadi aspek penting dalam video game. Dari apa yang diperkenalkan oleh Koizumi, Joy-Con hadir full set dengan grip.

Joy-Con sendiri menjadi kontroler yang setia menemani Switch di mana ia berada. Kontroler ini bisa dipakai dalam beberapa mode, handheld mode, tabletop mode, hingga tv mode. Walau dibuat sepasang, Joy-Con bisa dimainkan secara terpisah.

Menurut Koizumi, Joy-Con dilengkapi dengan IR Motion Camera, sehingga ia bisa berfungsi sebagai motion sensor yang mampu mendeteksi pergerakan tangan. Sensor gerak ini juga makin mantap dengan turut dibenamkannya sensor accelerometer dan gyroscope seperti yang ada di remote Wii. Gamer pun bisa menyambungkan Amiibo lewat Joy-Con sisi kanan.

Baca juga : Inilah 5 Game HD Terbaik Android

Tak hanya itu, masing-masing kontroler dibekali teknologi HD Rumble, di mana fitur ini bisa menyampaikan berbagai jenis getaran yang dihasilkan dari game. Koizumi pun memberikan contoh, semisal pengguna bisa merasakan jumlah balok es yang jatuh atau merasakan air yang mengucur, demikian dikutip dari The Verge, Sabtu (14/1/2017).

Dari fitur yang tertanam, kita beralih ke bentuk kontroler dan apa saja yang ada di sana.

Jadi Aspek Penting Dalam Video Game, Produsen Game Raksasa Jepang Perkenalkan Kontroler Joy-Con

Deskripsi Kontroler Joy-Con

Seperti yang bisa Anda lihat, masing-masing Joy-Con dilengkapi dengan 11 tombol. Ke-11tombol itu meliputi dua ZR button, A/X/B/Y button, analog, plus button, dan home button. Jumlahnya dibuat seimbang karena seperti yang dibilang di awal, kontroler ini disiapkan untuk pemakaian terpisah.

Selain warna standar abu-abu, Nintendo juga menyediakan varian warna Neon Blue dan Neon Red. Belum jelas berapa harga yang dibanderol bila gamer ingin membeli Joy-Con secara terpisah.
(Muspri-sisidunia.com)