sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Setiap Parpol Masih Belum Siap Mengusung Capresnya Sendiri

Setiap Parpol Masih Belum Siap Mengusung Capresnya Sendiri



Jakarta – Penghapusan presidential threshold pada Pemilu serentak 2019 disarankan Direktur Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SDP) August Mellaz. Menurutnya, setiap parpol layak diberi kesempatan untuk mengusung capresnya sendiri.

Setiap Parpol Masih Belum Siap Mengusung Capresnya Sendiri

Gambar ilustrasi

“Pemilu serentak itu tak butuh presidential threshold karena pemilu legislatifnya berbarengan. Jadi biarkan saja semua partai diberi kesempatan mencalonkan presiden, toh tidak semua partai juga akan mencalonkan presiden nantinya,” ujar August usai rapat dengan Pansus Revisi UU Penyelenggaraan Pemilu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Baca juga : KPK Masih Terus Dalami Kasus Dugaan Suap E-KTP Dari Tiga Kelompok Besar

Namun dengan penghapusan ambang batas tersebut, August mengatakan belum tentu setiap parpol pasti mencalonkan diri maju di pilpres. Koalisi disebutnya masih mungkin terjadi.

“Sekarang begini saja, orang kan pasti pikir pendanaan pencapresan yang besar. Apa iya semua partai sanggup untuk memodali? Karena itu pastinya akan tetap tercipta koalisi,” kata dia.

Menurut August, pemilu serentak akan menghadirkan pemilu dengan calon presiden yang variatif. Dia menilai wajar jika ada parpol baru berkesempatan mencalonkan kadernya pada pilpres nanti.

“Sehingga sebenarnya ini masalah psikologis beberapa partai saja yang belum siap dengan penghapusan presidential threshold,” tutur August.

(bens – sisidunia.com)