Home » Travel & Kuliner » Pantangan Berpakaian Merah Dan Hijau Ketika Ke Gunung Merbabu

Pantangan Berpakaian Merah Dan Hijau Ketika Ke Gunung Merbabu



Jakarta – Selama ini ada kepercayaan jika menggunakan baju berwarna hijau dan merah akan membuat orang yang datang ke Pantai Selatan Jawa mengalami kesialan. Mitos terkait warna pakaian tidak hanya dipercaya di lokasi wisata pantai tersebut, tapi juga di atas gunung, yakni Gunung Merbabu.

Pantangan Berpakaian Merah Dan Hijau Ketika Ke Gunung Merbabu

Pedakian di Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yang indah di wilayah Jawa Tengah memiliki sejumlah legenda dan mitos setempat yang terbilang mistis. Kebanyakan tidak lepas dari sejarah zaman kerajaan, menurut berbagai sumber yang dikumpulkan.

Baca juga : Pemulihan Ekosistem, Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total Selama 3 Bulan

Menurut cerita, Gunung Merbabu adalah pusat pemerintahan ketika Dinasti Mataram berkuasa. Tepatnya di Puncak Kenteng Songo. Pasukan prajurit dari kerajaan tersebut ada dua dan masing-masing memiliki seragam dengan warna berbeda, yaitu merah dan hijau.

Menurut cerita, siapa pun yang menyerupai warna seragam pasukan merah akan diusir, dan sebaliknya oleh pasukan seragam warna hijau.

Karena itu, kini ada kepercayaan bahwa pendaki yang naik ke Merbabu yang memakai pakaian warna merah atau hijau bisa mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kesurupan, kesasar, dan lainnya.

Bagaimana dengan mitos di Gunung Merbabu? Apakah ada dari kalian yang pernah mendapat kesialan karena melanggar mitos tersebut?

(bens – sisidunia.com)