Home » News » Saksi Pelapor Irena Menilai Ahok Tak Hanya Sekali Menistakan Agama

Saksi Pelapor Irena Menilai Ahok Tak Hanya Sekali Menistakan Agama



Jakarta – Irena Handono menyebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berulang kali melakukan penistaan agama. Karena itu, Irena ikut melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri.

Saksi Pelapor Irena Menilai Ahok Tak Hanya Sekali Menistakan Agama

Irena Handoko Sebagai Saksi dalam Sidang Kelima Ahok

Saat menjadi saksi kedua dalam sidang, Irena menyebut dugaan penistaan agama lebih dulu dilakukan Ahok pada saat jumpa pers di Balai Kota.

“Selain di Pulau Seribu, ternyata terdakwa melakukan berulang kali, tanggal 31 Maret 2016 konferensi pers di Balai Kota penodaan Al-Maidah, saya sudah lihat videonya. Tanggal 21 September 2016 terdakwa di depan DPP NasDem dalam konferensi pers mengucapkan kalimat ‘istilah berdebat ini tentu kalau dia bawa Surat Al-Maidah 51…’ ini merupakan pertarungan,” kata Irena bersaksi dalam sidang lanjutan Ahok di auditorium gedung Kementerian Pertanian, Jl. RM Harsono, Ragunan, Jaksel, Selasa (10/1/2017).

Dugaan penistaan agama, menurut Irena, juga dilakukan Ahok melalui tulisan di buku ‘Merubah Indonesia’ pada halaman 40.

“Yang bersangkutan juga melakukan penodaan terhadap Al-Maidah 51 yang merupakan iman umat Islam,” tuturnya.

Selain itu, Irena mengaku pernah mengakses video di YouTube yang berisi pernyataan Ahok yang dinilai juga menyinggung banyak orang.

“Berkaitan statement terdakwa, ‘Saya dapat surga, pasti makan…’, Ahok marah besar di channel YouTube Indonesia Jaya pada menit 17.29 tanggal 20 September 2016,” sambungnya.

Namun, saat ditanya hakim, Irena menyebut video tersebut tidak disertakan menjadi barang bukti saat melaporkan Ahok ke Bareskrim.

Baca juga : Lima Saksi Dimintai keterangan Dalam Sidang Lanjutan Ahok

“Belum,” kata Irena.

“Yang jadi laporan ke Bareskrim semua atau ada yang terberat,” tanya hakim.

“Semua itu berkaitan dengan penodaan yang dilakukan terdakwa mengenai Al-Maidah 51 tidak hanya di Pulau Seribu tapi berulang,” tegas Irena.
(Muspri-sisidunia.com)