Home » Otomotif » Honda Kembangkan Teknologi Yang Membuat Sepeda Motor Bisa Tetap Tegak

Honda Kembangkan Teknologi Yang Membuat Sepeda Motor Bisa Tetap Tegak



Las Vegas – Sederet teknologi-teknologi baru terus dikembangkan pabrikan sepeda motor. Terbaru, ada teknologi yang membuat motor bisa berdiri seimbang tanpa penopang hasil racikan Honda.

Honda Kembangkan Teknologi Yang Membuat Sepeda Motor Bisa Tetap Tegak

Honda Riding Assist dipamerkan di CES 2017

Honda mengenalkan teknologi yang disebut Honda Riding Assist ini dalam gelaran Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari 2017. Teknologi ini akan menjaga keseimbangan sepeda motor untuk tetap berdiri tegak. Teknologi ini tidak menggunakan sistem gyroscope.

Dalam praktiknya, ada sebuah alat ditempatkan di bagian depan yang disebut UNI-CUB. Alat ini mengatur pergerakan roda depan ke kiri dan ke kanan. Sebuah pergerakan yang sama dilakukan pengendara sepeda motor saat macet.

Para pengendara yang ingin mengontrol motornya sendiri dapat memilih mode biasa. Ketika beralih ke Balance Mode, metal forks pada motor dengan teknologi Honda Ride Assist itu akan memperpanjang roda depan jauh dari bodi motor agar stabil.

Dalam video singkat yang ditampilkan Honda, terlihat seorang teknisi Honda bisa berdiri di atas motor dan tak membuat motor jatuh.

Honda juga mengembangkannya dengan mode untuk mengikuti pengguna. Rasanya teknologi ini masih berupa konsep dan belum akan diterapkan di motor produksi massal dalam waktu dekat.

Tahun lalu pada Juni, Honda memperlihatkan preview dari mobil self-driving dan lebih lanjut mengatakan bahwa tengah berencana untuk menawarkan fungsi keselamatan semi-otonom untuk pasar luas.

Baca juga : Pascaterpilihnya Presiden Donald Trump, Nasib Produsen Toyota dan Honda di Amerika Kini Masih “Labil”

Menilik perkembangan tersebut, tampaknya perusahaan tersebut tengah fokus pada kendaraan otonom. Mungkin Honda akan menjadi salah satu perusahaan pertama yang memulai produksi kendaraan dengan menerapkan teknologi tersebut secara massal.
(Muspri-sisidunia.com)