Home » News » Dibanding Negara Tetangga, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim Lebih Baik

Dibanding Negara Tetangga, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim Lebih Baik



Jakarta – Karena superiornya dolar Amerika Serikat (AS) nilai tukar Rupiah masih terus mengalami tekanan. Lantaran, saat ini stok dolar AS hanya disuplai oleh Bank Indonesia (BI).

Dibanding Negara Tetangga, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim Lebih Baik

Ilustrasi perekonomian

Analis MNC Securities, Edwin Sebayang, mengatakan stok dolar AS hanya disuplai oleh BI. Namun, saat ini pemasukan dolar AS Indonesia masih minim. Menurutnya, kondisi Indonesia berbeda dari Filipina, yang mendapatkan devisa paling besar dari pariwisata dan tenaga kerja.

Baca juga : Berbalik Menguat, IHSG Tunjukkan Rentang Gerak Jarak Pendek

“Kita seperti Malaysia, karena karakter ekspor kita komoditas, tapi boom komoditas sudah selesai. Jadi itu kenapa Rupiah tidak dapat bangkit,” kata dia iBCM, Kamis (17/9/2015).

Namun berbeda dengan Malaysia yang selalu melalukan intervensi dalam kebijakan pasar komoditasnya, Indonesia lebih menganut pasar liberal. Oleh karena itu, kondisi Indonesia menjadi lebih tidak stabil ketimbang Malaysia.

“Kita lebih terbuka dari Malaysia, dia semi kontrol, jadi mereka tidak terpengaruh dengan kondisi dalam negeri,” tutur Edwin.

Dia juga memperkirakan Rupiah akan semakin tertekan, lantaran komoditas yang sempat menyangga ekonomi Indonesia pada 2008 tidak terjadi tahun ini. “Minggu ini Rupiah bisa Rp14.500 per USD,” tukas dia.

(bens – sisidunia.com)