sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Kampus UNY Dongkrak Internet Menjadi 100 Mbps

Kampus UNY Dongkrak Internet Menjadi 100 Mbps



Jakarta – Akhirnya seluruh mahasiswa dan staf pengajar di kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa mengakses koneksi internet dengan cepat. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa tembus hingga 100 Mbps.

Kampus UNY Dongkrak Internet Menjadi 100 Mbps

Ilustrasi Internet

Agar koneksinya tak kalah cepat dibanding kampus lain seperti Institut Teknologi Bandung, Bina Nusantara, dan Universitas Indonesia, UNY bekerja sama dengan Ruckus Wireless, salah satu divisi Brocade.

Baca juga : Aplikasi WhatsApp Disebut Rentan Disusupi Virus

Dalam kerja sama penyediaan perangkat internet Wi-Fi tersebut, koneksi internet yang disediakan Ruckus buat UNY dapat menghasilkan kecepatan maksimum hingga 100 Mbps saat melayani satu pengguna — itu pun bergantung pada kapabilitas perangkat yang digunakan.

“Kebutuhan Universitas pada saat ini sudah jauh berbeda dari sebelumnya,” jelas Arif Kurniawan, Manajer Divisi Jaringan Komunikasi dan Informasi di Universitas Negeri Yogyakarta. “Dan seiring dengan perubahan kebutuhan dan aktivitas di lingkungan kampus, kebutuhan jaringan kami juga meningkat.”

Universitas Negeri Yogyakarta sangat menekankan penggunaan metode pengajaran terbaru di ruang seminar dan aula perkuliahan. Akan tetapi, proses ini mengharuskan mahasiswa mengakses internet di perangkatnya.

“Kami memerlukan teknologi jaringan andal dan berkualitas yang menunjang metode pengajaran yang baru ini,” lanjut Arif. “Sebelumnya kami sudah memiliki jaringan nirkabel, tetapi masih belum memadai.”

Masalah khusus yang ada adalah pengelolaan dan keamanan jaringannya. Sebelum universitas ini menggunakan solusi Ruckus, mahasiswa dan stafnya mengakses jaringan bersama.

Akibatnya adalah penyalahgunaan akun oleh orang lain dan pada akhirnya staf TI di universitas harus mengalokasikan banyak waktu menangani masalah sederhana seperti peresetan akses jaringan.

Untuk mengatasi masalah ini, Universitas Negeri Yogyakarta melakukan uji coba menggunakan peralatan dari Ruckus dan sederet brand lainnya yang menyediakan teknologi serupa.

Selama uji coba, universitas ini menggunakan 50 Access Point (AP) Ruckus ZoneFlexTM 7982 dan 50 ZoneFlex 7372, yang didukung oleh dua kontroler Ruckus ZoneDirectorTM 3000.

Di sisi lain, teknologi antena adaptif BeamFlexTM dan BeamFlex+ milik Ruckus dimiliki AP 7372 dan 7982 AP, sehingga sistem antena dalam satu AP dapat selalu mendeteksi dan mengoptimalkan kinerja sesuai lingkungannya. (bens – sisidunia.com)