Home » News » Polri Ajukan Pembentukan Drektorat Cyber Crime Untuk Berita Hoax

Polri Ajukan Pembentukan Drektorat Cyber Crime Untuk Berita Hoax



Jakarta – Pada Desember 2016 lalu, Mabes Polri mengajukan pembentukan Direktorat Cyber Crime ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Polri juga mengusulkan pembentukan Biro Multimedia di Divisi Humas Polri. Pengajuan ini untuk menghadapi perkembangan media massa yang begitu cepat.

Polri Ajukan Pembentukan Drektorat Cyber Crime Untuk Berita Hoax

Ilustrasi Cyber Crime

“Selain mengajukan Direktorat Cyber Crime, Polri juga mengajukan usulan dibentuknya Biro Multimedia di Divisi Humas Mabes Polri,” ujar Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di kantornya, Jumat (6/1/2017).

Baca juga : Rekrut Personel, Pemerintah Segera Membentuk Badan Cyber Nasional

Dia menjelaskan, Direktorat Cyber Crime dan Biro Multimedia akan dipimpin seorang perwira tinggi, yakni jenderal bintang satu atau brigadir jenderal. Kedua lembaga ini nantinya akan berfungsi untuk mengurangi penyebaran berita bohong atau hoax.

“Langkah ini dalam upaya mengantisipasi maraknya berita hoax, ujaran kebencian, SARA, penghinaan perorangan, dan pengancaman melalui media sosial yang perlu dicegah,” jelas Martinus.

Meski keduanya tetap bersinergi satu sama lain, pembentukan Direktorat Cyber Crime ini juga diharapkan dapat mengurangi beban Badan Siber Nasional.

“Nanti seluruh kasus soal dugaan pelanggaran ITE akan diselesaikan oleh Direktorat Cyber Crime. Ke depan bisa diatur Badan Siber Nasional kewenangannya apa. Karena dalam arahan, Presiden minta supaya semua saling koordinasi untuk mencegah penyebaran berita hoax,” Martinus menandaskan.

(bens – sisidunia.com)