Home » News » Wasekjen PKB Menilai Kinerja Menteri Susi Buruk dan Layak Direshuffle

Wasekjen PKB Menilai Kinerja Menteri Susi Buruk dan Layak Direshuffle



Jakarta – Wasekjen PKB Daniel Johan meminta Presiden Joko Widodo untuk merombak jajaran menterinya yang mendapat rapor merah. Menurut Daniel, menteri yang layak mendapat rapor merah adalah Menteri Kelautan, dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Wasekjen PKB Menilai Kinerja Menteri Susi Buruk dan Layak Direshuffle

Menteri Kelautan, dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

“Nah kalau misalkan rapornya merah berdasarkan kinerja dan tupoksi dan data, bukan berdasarkan medsos. Nah itu baru dibutuhkan. Ya saya rasa ini kan belum terlalu lama reshuffle. Kalau nanya saya adalah tentu terburuk adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan,” kata Daniel saat dihubungi, Selasa (3/1/2017).

Baca juga : Pemimpin Myanmar Dijadwalkan Akan Kunjungi Indonesia Akhir Januari

Daniel memaparkan alasan Menteri Susi harus dipertimbangkan Jokowi untuk diganti. Salah satunya, kebijakan menteri Susi soal kapal penangkap tuna milik nelayan. Akibatnya, para nelayan tuna tidak bisa beroperasi karena pola kerja mereka dinyatakan terlarang menyusul terbitnya Peraturan Menteri Kelautan Nomor 57 Tahun 2014.

“Kebijakannya itu membuat pasokan ikan untuk industri menjadi kosong, karena semua dilarang melaut. Sampai akhirnya kita pengekspor ikan tuna menjadi pengimpor,” jelas anggota Komisi IV DPR itu.

Puluhan ribu nelayan menjadi pengangguran imbas dari aturan tersebut, lantaran dilarang berlayar sebelum membenahi dokumen administrasi kapal.

“Ribuan kapal tangkap ikan dilarang melaut, oleh kebijakan KKP. Dan itu berapa puluh ribu nelayan menjadi menganggur,” tegasnya.

(bens – sisidunia.com)