Home » Otomotif » Pernah Melihat Tanda Kuning di Ban Motor ? Ternyata Ini Fungsinya

Pernah Melihat Tanda Kuning di Ban Motor ? Ternyata Ini Fungsinya



Jakarta – Ban adalah satu komponen terpenting pada kendaraan. Ban menjadi satu-satunya bagian kendaraan yang langsung menyentuh permukaan aspal atau tanah, sehingga sangat berpengaruh untuk kenyamanan dan keselamatan.

Pernah Melihat Tanda Kuning di Ban Motor ? Ternyata Ini Fungsinya

Ilustrasi Tanda Kuning Pada Ban

Ban mobil ataupun motor terdapat sejumlah simbol yang memiliki arti berbeda-beda. Salah satunya adalah titik kuning di area sisi ban.

Raditya Budianto, mekanik Planet Ban di Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat mengatakan, tanda tersebut merupakan petunjuk dalam pemasangan ban. B‎iasanya, tanda tersebut menunjukkan titik teringan dan terberat pada ban.

“Dengan titik kuning ini juga bisa lihat tanggal produksi ban, dan itu juga harus sejajar,” kata Radit pada Selasa, (3/1/2017), dilansir dari Liputan6.com.

Meski terkadang titik tersebut tidak mempengaruhi saat dilakukan pengisian angin, namun tanda yang diberikan saat proses quality control pembuatan ban, titik kuning yang merupakan titik teringan pada ban harus disejajarkan dengan titik terberat velg yakni pada area pentil.

Sedangkan warna lain diseberang kuning juga ada, itu untuk titik terberat ban‎. Menurut Raditya, ini merupakan simbol balance.

Diketahui, jika tidak sejajar (titik kuning tidak berekatan dengan pentil), kemungkinan saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi maka yang ada akan timbul getaran. Hal ini disebabkan pada bagian ban yang tak seimbang.

Baca juga : Cek Filter Udara Ketika Mesin Mobil Cepat Panas dan Boros Bahan Bakar

“Tapi memang tidak semua ban diberikan simbol dengan warna-warna,” tutupnya.‎
(Muspri-sisidunia.com)