Home » News » Mahfud MD : “Jokowi Undercover Terlalu Vulgar dan Tidak Bermutu”

Mahfud MD : “Jokowi Undercover Terlalu Vulgar dan Tidak Bermutu”



Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) juga tertarik mengenai buku yang kini jadi bincangan, Jokowi Undercover.

Mahfud MD : "Jokowi Undercover Terlalu Vulgar dan Tidak Bermutu"

Mahfud MD

Mahfud bahkan mengikuti perdebatan buku tersebut di sosial media. Ia memantau dan membaca pernyataan sang penulis buku di medsos.

“Kasus penulis buku Jokowi Undercover ini terlalu vulgar dan tidak bermutu. Saya sudah baca unsur provokasi si penulis. Saya bilang itu sampah,” kata Mahfud, Rabu (4/1).

Dia mengatakan, sejak awal dirinya tidak percaya dengan kebenaran isi buku tersebut. “Saya rasa ini tidak serius, ini hanya orang gila.

Kenapa? Karena dia menantang untuk diperiksa polisi. Kalau benar, pasti tidak begitu. Mengkritik boleh saja tapi jangan sampai melanggar UU karena merusak tatanan kehidupan berbangsa,” katanya.

Kendati demikian, ia berkeinginan memiliki bukunya. Tapi Mahfud tidak tahu bisa beli di mana. Beberapa toko buku sudah dicari, tapi tidak ada.

“Saya ingin tahu isinya seperti apa. Masyarakat yang ingin punya buku tersebut juga tidak apa-apa asalkan jangan ikut-ikutan menyebarkan dan memprovokasi. Bukunya cukup dikoleksi pribadi saja,” demikian Mahfud.

Baca juga : Polisi Curigai Ada Aktor Dibalik Penulisan Buku Jokowi Undercover

Sebelumnya, polisi juga mencurigai ada faktor politik dibalik pembuatan buku Jokowi Undercover tersebut. Polisi berhasil menciduk Bambang, penulis buku Jokowi Undercover, di Kecamatan Tunjungan, Blora, Jawa Tengah, pada 30 Desember 2016. Ia ditangkap atas dugaan ujaran kebencian yang ditulisnya dalam buku `Jokowi Undercover`.

Bambang dijerat ‎Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik. Ia juga disangkakan dengan Pasal 28 ayat 2 UU ITE dan Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan Terhadap Penguasa Negara.
(Muspri-sisidunia.com)