Home » News » Luhut Minta Ada Penindakan Tegas Jika Ada Yang “Bermain” Di Proyek Kilang

Luhut Minta Ada Penindakan Tegas Jika Ada Yang “Bermain” Di Proyek Kilang



Jakarta – Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan, melaporkan perkembangan sejumlah proyek dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Rabu (4/1/2016). Salah satunya adalah proyek kilang minyak.

Luhut Minta Ada Penindakan Tegas Jika Ada Yang "Bermain" Di Proyek Kilang

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proyek kilang jangan sampai tak jalan. Misalnya, proyek kilang di Bontang yang sudah diserahkan ke Pertamina.

Menurut Luhut, proses EPC (engineering, procurement, and construction) kilang Bontang selesai periode 2019-2020. Dia berharap, proyek kilang Bontang ini berjalan sesuai yang direncanakan.

Selain itu, Luhut mengingatkan, jangan sampai ada yang berusaha menghambat program pemerintah membangun kilang minyak.

“Kalau masih ada yang macam-macam ditindak saja itu. Kita ingin jalan,” tegas Luhut.

Dia juga menegaskan, membangun kilang minyak bukan sekadar wacana, melainkan program pemerintah yang harus jalan. Sehingga, jika ada yang tak sanggup menjalani program pemerintah tersebut sebaiknya mundur.

“Jangan bicara wacana, 2 tahun cukup. Kalau enggak bisa jalani ya mundur saja,” kata Luhut.

Sama halnya dengan proyek kilang di Balongan yang harus rampung pada tahun 2020. Sebab, kilang Balongan terancam kekurangan bahan baku ketika RDMP Balikpapan selesai pada 2019. Selama ini kilang Balongan mendapat suplai nafta dari kilang Balikpapan. Tapi setelah selesai dimodifikasi, kilang Balikpapan sudah bisa mengolah nafta sendiri, dan pasokan ke Balongan terhenti.

Baca juga : Pertamina Tower Ditunda Pembangunannya

Agar produksi di kilang Balongan tak terganggu, maka proyek RDMP Balongan harus diselesaikan bersamaan dengan selesainya RDMP Balikpapan, yaitu sekitar tahun 2019. Jika sudah dimodifikasi, kilang Balongan sudah bisa memproduksi nafta sendiri, tak perlu suplai dari Balikpapan.
(Muspri-sisidunia.com)