Home » News » Aksi Jumantik Membagikan Stiker Cagub DKI Mulai Terlihat, Plt Gubernur DKI Mulai Menindak Tegas

Aksi Jumantik Membagikan Stiker Cagub DKI Mulai Terlihat, Plt Gubernur DKI Mulai Menindak Tegas



Jakarta – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, belum mengetahui soal para petugas juru pemantau jentik, atau jumantik yang diketahui terlibat mendukung salah satu calon pasangan kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017.

Aksi Jumantik Membagikan Stiker Cagub DKI Mulai Terlihat, Plt Gubernur DKI Mulai Menindak Tegas

Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono

Meski demikian, Sumarsono mengaku akan melakukan pemeriksaan mengenai status dari para petugas jumantik. Apabila sudah mendapatkan bukti, Sumarsono tidak segan menindak tegas.

“Sama dengan PHL pasukan oranye. Kenapa dia dilarang, karena dia kapasitas pakai baju oranye,” kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta, Rabu 4 Januari 2017.

Menurut Sumarsono, mengenai pilihan sikap politik warga, sah-sah saja apabila seseorang mendukung, atau memihak pada salah satu calon.

Namun, dia mengingatkan, hal yang tidak diperbolehkan adalah menggunakan atribut, atau mengatasnamakan Pemprov DKI untuk menggalang dukungan sesama petugas yang diduga pekerja harian lepas (PHL) itu.

“Tetapi, ketika dia individu kan tidak masalah. Jangan membatasi hak mereka. Jumantik kalau ada tulisannya tidak boleh,” ujarnya.

Seperti diketahui, warga Kramat Jati, Jakarta Timur, bernama Tetty Pataresia menuliskan kekesalanya di media sosial soal adanya pemasangan stiker pasangan Agus – Sylvi. Hal ini bermula, saat seseorang mengaku petugas kelurahan mendatangi rumahnya untuk mendata keluarganya sebagai daftar pemilih resmi.

Baca juga : Mengaku Petugas Bawaslu, Relawan Agus-Sylvi Datangi Rumah Warga

Namun, belakangan diketahui, orang yang mendatangi rumahnya dengan mengaku sebagai petugas kelurahan itu adalah relawan dari pasangan nomor urut satu, yakni Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni.
(Muspri-sisidunia.com)