sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Sambut Tahun 2017, Dolar AS Diprediksi Masih Melemah

Sambut Tahun 2017, Dolar AS Diprediksi Masih Melemah



Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan akhir tahun Jumat (30/12/2016) dibuka menguat ke level Rp 13.440. Di hari sebelumnya, Kamis (29/12/2016) nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level Rp 13.460 per dolar AS.

Sambut Tahun 2017, Dolar AS Diprediksi Masih Melemah

Ilustrasi Dolar AS

Lalu bagaimana pergerakan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Paman Sam di pekan pertama 2017?

Menurut Kepala Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS selama sepekan ke depan masih belum bergerak ke bawah Rp 13.400 per dolar AS. Nilai tukar rupiah diperkirakan berada di kisaran Rp 13.450-13.480 per dolar AS.

“Ini masih menunggu keputusan dari AS karena mata uang US dolar menguat terus. Minggu ini range-nya di kisaran Rp13.450-13.480 per dolar AS,” jelas Lana dilansir dari detikFinance, Jakarta, Senin (2/1/2017).

Pelemahan nilai tukar mata uang terhadap dolar AS tidak hanya terjadi pada rupiah saja. Nilai tukar mata uang Eropa yaitu Euro dan mata uang Inggris Poundsterling juga ikut berimbas akibat penguatan dolar AS.

Lana menambahkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam beberapa waktu ke depan kan berangsur pulih seiring dengan pidato Presiden terpilih AS Donald Trump menyampaikan arah kebijakan ekonominya. Artinya nilai tukar rupiah terhadap doalr AS ke depan bisa kembali menguat.

Baca juga : Pasca-reli Trump, Wall Street Akhirnya Tergelincir

“Nanti saya kira setelah Trump pidato lebih jelas. Setelah dia pidato arah ekonomi ke mana mungkin penguatan US dolar berkurang. Otomatis rupiah juga akan menyesuaikan menjadi menguat,” ujar Lana.
(Muspri-sisidunia.com)