sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pemimpin Myanmar Ingin Datang Ke Indonesia Untuk Berterima Kasih

Pemimpin Myanmar Ingin Datang Ke Indonesia Untuk Berterima Kasih



Jakarta – Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Aung Htoo mengaku Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi sangat berharap bisa segera mengunjungi Indonesia.

Pemimpin Myanmar Ingin Datang Ke Indonesia Untuk Berterima Kasih

Aung San Suu Kyi

Keinginan Suu Kyi itu dimaksud untuk menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan Indonesia terhadap Myanmar.

“Presiden dan konselor kami belum pernah mengunjungi Indonesia, jadi ini akan menjadi kunjungan pertama, bagian dari tradisi ASEAN, dan pada saat yang sama kami ingin berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan Indonesia,” ujarnya, Senin (2/1/2016).

Menurutnya, sejak negaranya memiliki pemerintahan baru pada Maret 2016, Presiden Htin Kyaw dan Konselor Aung San Suu Kyi belum mengunjungi Indonesia sebagai bagian dari tradisi ASEAN.

Seperti diketahui, pada 29 Desember 2016, Presiden Joko Widodo melepas 10 kontainer bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk warga Rakhine, Myanmar, yang terdiri mie instan, makanan, susu bayi, dan pakaian.

Pemerintah baru Myanmar juga berharap kunjungan Aung San Suu Kyi bisa sekaligus meningkatkan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi.

“Kami ingin mengundang perusahaan Indonesia, khususnya BUMN, untuk bekerja sama dengan perusahaan Myanmar,” kata dia.

Aung San Suu Kyi sendiri berencana mengunjungi Indonesia pada 2 Desember 2016, namun karena krisis Rakhine dan situasi di Jakarta yang kurang kondusif, kedua belah pihak sepakat menunda kunjungan itu.

Baca juga : Pemerintah Myanmar Membentuk Komisi Baru, Kecaman Para Aktivis Kemanusiaan Mulai Muncul

“Pada dasarnya, kami mengusulkan pada minggu pertama atau kedua Januari, tetapi itu (jadwal kunjungan) tergantung pada Indonesia, jika Anda semua siap maka kami dapat berkunjung,” kata Htoo.

Menurut Htoo, saat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengunjungi Myanmar pada 6 dan 19 Desember 2016, kedua belah pihak telah membahas jadwal ulang kunjungan Aung San Suu Kyi ke Indonesia, dan Retno menyarankan agar kujungan dilakukan setelah 19 Januari 2017.
(Muspri-sisidunia.com)