sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ini Alasan Hakim Tidak Menyiarkan Sidang keempat Ahok Secara Langsung

Ini Alasan Hakim Tidak Menyiarkan Sidang keempat Ahok Secara Langsung



Jakarta – Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Didik Wuryanto, menjelaskan alasan tidak diperbolehkannya media meliput sidang lanjutan perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dia mengatakan, hal tersebut merupakan wewenang dari majelis hakim.

Ini Alasan Hakim Tidak Menyiarkan Sidang keempat Ahok Secara Langsung

Ahok Ketika menduduki Kursi Di Ruang Sidang

“‎Kalau untuk menyiarkan live sampai ke mana-mana untuk acara saksi dilarang. Tapi ketika sidang itu yang berwenang majelis,” kata Didik saat dikonfirmasi, Selasa (3/1/2017).

Baca juga : Saksi Pertama Dalam Sidang Ahok Yang Diperiksa Adalah Habib Novel

Ia melanjutkan, ‎siaran langsung persidangan dengan melibatkan saksi ahli juga dilarang oleh undang-undang. Terlebih lagi, hal tersebut dinilai akan berpengaruh terhadap pernyataan dari saksi lainnya yang juga akan dihadirkan dalam sidang selanjutnya.

“‎Mestinya di awal bisa meliput untuk mengambil gambar saat sidang dibuka. Saat keterangan saksi memang dilarang UU karena saksi tidak berhubungan satu sama lain,” jelas Didik.

‎Ia menambahkan, tidak adanya siaran langsung persidangan keempat ini membuat keterangan saksi menjadi murni dan tidak memberikan keterangan yang bersifat opini.

“‎Jadi murni pengetahuan tidak bercampur dengan opini,” tukasnya.

(bens – sisidunia.com)