sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Beredar Video Dugaan Aparat Kepolisian Pukuli Warga Rohingya

Beredar Video Dugaan Aparat Kepolisian Pukuli Warga Rohingya



Jakarta – Pemerintah Myanmar menyatakan akan menyelidiki sebuah video yang menunjukkan dugaan aparat kepolisian melakukan pemukulan terhadap orang-orang Rohingya.

Beredar Video Dugaan Aparat Kepolisian Pukuli Warga Rohingya

Beredar Video Dugaan Aparat Kepolisian Pukuli Warga Rohingya

Sebagaimana tampak dalam rekaman video tersebut, puluhan warga desa duduk berjajar sembari menunduk dengan kondisi kedua tangan dilingkarkan ke leher masing-masing. Seorang polisi berseragam kemudian terlihat memukuli seorang penduduk, sedangkan rekannya menendang wajahnya.

Baca juga : Kondisi Terbakar 100 Persen, 3 Korban KM Zahro Express Sudah Teridentifikasi

Aksi serupa dilakukan polisi lainnya terhadap penduduk yang sedang duduk menunduk.

Komite Informasi, yang merupakan bagian dari kantor Konselor Negara, berjanji tindakan akan diambil terhadap polisi yang melanggar aturan kepolisian.

Sejumlah orang Rohingya melarikan diri dari Negara Bagian Rakhine di Myanmar ke Bangladesh.
Pemerintah mengklaim insiden, yang direkam oleh sesama polisi, terjadi di Maungdaw, Negara Bagian Rakhine, pada November 2016 lalu. Saat itu, polisi sedang melakukan ‘operasi pembersihan’ setelah milisi bersenjata menyerang pos-pos perbatasan di Maungdaw yang menewaskan sembilan polisi pada 9 Oktober.

Imbasnya, sejumlah orang dibunuh dalam operasi militer di Negara Bagian Rakhine. Pemerintah berdalih operasi itu dilancarkan untuk melawan teroris dan membantah laporan mengenai pembunuhan dan penyiksaan terhadap warga sipil Rohingya yang beragama Islam.

Tudingan bahwa terjadi pembersihan etnik juga disanggah pemerintah. Masalahnya, klaim pemerintah tersebut sulit diverifikasi lantaran Negara Bagian Rakhine dinyatakan tertutup untuk wartawan dan penyelidik independen.

Tentara Myanmar menembaki desa suku Muslim Rohingya di kawasan Rakhine dan menewaskan 25 orang

Dalam video tersebut, dua polisi perbatasan Myanmar berbincang di Desa WaBate yang dibakar dalam konflik dekat perbatasan Kota Maungdaw, Negara Bagian Rakhine, 21 Desember 2016 lalu. (bens – sisidunia.com)