Home » News » Malaysia Pasang Pembatas Berteknologi Korsel di “Titik Hitam” Jalan Selama 3 Bulan

Malaysia Pasang Pembatas Berteknologi Korsel di “Titik Hitam” Jalan Selama 3 Bulan



Kuala Lumpur – Pengemudi perjalanan dari Jalan Lapangan Terbang Subang menuju ke Jalan Raya di Malaysia akan melihat silinder berwarna kuning terang yang berfungsi sebagai pagar pembatas di sepanjang jalan.

Malaysia Pasang Pembatas Berteknologi Korsel di "Titik Hitam" Jalan Selama 3 Bulan

Pengaman di Jalan Lapangan Terbang Subang, Malaysia

Struktur keamanan ini, tidak hanya menarik dilihat. Namun, ini dibuat dengan teknologi baru dari Korea Selatan yang dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

Pembatas dengan sistem rol keamanan ini, terdiri dari tabung baja kokoh, di antara silinder plastik yang berfungsi sebagai peredam kejut yang berputar pada porosnya.

Pembatas ini adalah yang pertama di Malaysia, dengan rol berfungsi untuk mengurangi dampak tabrakan dan memastikan kendaraan tetap berada jalan. Kementerian Pekerjaan Umum Malaysia menggambarkan proyek percontohan tersebut untuk meningkatkan standar keselamatan di jalan-jalan Malaysia.

Menteri Fadillah Yusof mengatakan pagar pembatas baru dipasang pada 7 Desember. Struktur ini ditempatkan di sepanjang bentangan jalan 100 meter di daerah yang telah diidentifikasi sebagai “titik hitam” atau area yang sering terjadi kecelakaan karena tikungan tajam.

“Kami akan memantau efektivitas pagar pembatas ini selama tiga bulan dan menyiapkan laporan,” kata dia.

Sejauh ini, kata Fadillah, belum ada kecelakaan yang tercatat di sana sejak pagar pembatas dipasang.”

Ia menambahkan, kementerian tersebut sedang menguji efektivitas pagar pembatas. Jika hasilnya positif, struktur akan dipasang di daerah rawan kecelakaan lain di jalan federal dan jalan bebas hambatan.

Baca juga : Terburu Pergi Dari Toilet, Darmeli Kehilangan Uang Rp 80 Juta

Ide ini terinspirasi setelah kunjungan sebuah konferensi keselamatan jalan di Korea Selatan. Tidak heran, perusahaan Korea Selatan ETI berada di balik teknologi ini.
(Muspri-sisidunia.com)