Home » News » Gunakan Konsep Green Building, Menhub Budi Terkesan dengan Bandara Blimbingsari

Gunakan Konsep Green Building, Menhub Budi Terkesan dengan Bandara Blimbingsari



Banyuwangi – Di penghujung tahun 2016, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terbang ke Banyuwangi untuk mengecek kesiapan sarana transportasi udara dan laut. Menhub langsung mengunjungi terminal baru Bandara Blimbingsari dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Gunakan Konsep Green Building, Menhub Budi Terkesan dengan Bandara Blimbingsari

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Blimbingsari

Ketika tiba di Bandara Blimbingsari, Menhub terkesan lantaran bandara ini punya desain dan fungsi yang berbeda dari bandara lain pada umumnya. Bandara ini bisa jadi contoh bagi bandara di daerah lain lantaran konsepnya sejalan dengan ikon pariwisata yang saat ini sedang digencarkan oleh Indonesia.

“Saya surprise ketika ke Bandara Blimbingsari. Ini bisa jadi satu penghargaan karena ada paradigma baru tentang green building. Ini bisa jadi contoh bagi bandara lain, jadi fungsional. Bisa jadi fungsi-fungsi lain, edukatif dan daya tarik pariwisata. Bandara ini punya value yang penting tentang green airport,” ungkap Menhub ketika meninjau terminal baru Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Sabtu (31/12/2016).

Indonesia memang mengutamakan pariwisata sebagai daya tarik, dan menurut Menhub sudah jadi kewajiban bagi pemerintah pusat mendorong pemda yang punya potensi wisata bagus. Meski Menhub tidak memberikan detail berapa jumlah anggaran yang akan digelontorkan untuk pembangunan terminal bandara baru, Menhub memastikan bahwa alokasi APBN akan dikucurkan untuk menambah pembangunan daya dukung bandara. Seperti penebalan PCN dan perluasan apron.

Baca juga : Usai Lepas Landas Dari Burke Lakefront, Pesawat Kecil Dikabarkan Hilang

“Bahwasanya APBN akan memberikan tambahan. Blimbingsari akan dilakukan finalisasi bulan Maret, kita akan melakukan satu kegiatan opening. PCN (daya dukung landasan) akan kami tingkatkan supaya 737 bisa mendarat. Supaya ada direct flight dari Jakarta bisa terlaksana. Dan kita akan carikan anggaran supaya apron bisa bertambah lebih luas,” imbuh Budi.

Setelah berkunjung di terminal baru Bandara Blimbingsari, Menhub Budi bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Pelabuhan Ketapang yang merupakan lintasan laut terpadat kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Merak-Bekauheni.
(Muspri-sisidunia.com)