Home » News » Tertimbun Tebing Longsor, Dua Pekerja Tambang Tewas

Tertimbun Tebing Longsor, Dua Pekerja Tambang Tewas



Jakarta – Dua pekerja tambang pasir meninggal akibat tertimbun tebing longsor di area penambangan Desa Temuireng, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tertimbun Tebing Longsor, Dua Pekerja Tambang Tewas

Korban meninggal adalah Widodo (28) dan Tri Sunarno (28), warga Dukuh Pakem, RT 018 RW 007, Desa Temuireng, Jatinom. Sedangkan Maryoto (28) berhasil menyelamatkan diri meski kondisinya luka-luka.

Baca juga : Seorang Pekerja Tambang Tewas Karena Menghirup Gas Beracun

Kapolsek Jatinom, AKP Sri Wiraden mengatakan, mulanya para pekerja terlihat sedang beristirahat usai menambang pasir di sebuah tebing berlubang dengan kedalaman 3 meter. Mereka tak menyadari jika dinding tebing di atas retak lalu longsor dan menimbun mereka.

“Dua orang selamat. Satu luka di bagian punggung dan satu orang lagi berhasil lari menyelamatkan diri,” katanya di Klaten, Rabu (28/12/2016).

Pencarian korban meninggal dilakukan tim gabungan dari TNI, Polri relawan , BPBD dan warga. Kendalanya lokasi yang tertimbun banyak material padat sisa longsoran tebing berupa pasir dan batu.

“Satu korban ditemukan sekitar lima jam setelah dilakukan pencarian karena timbunan material pasir dan batu yang cukup tebal,” lanjut Sri.

Proses penambangan pasir yang dilakukan warga selama ini dengan cara melubangi dinding tebing. Padahal cara tersebut sangat membahayakan keselamatan penambang.

“Karena itu kita himbau agar menambang harus dengan tata cara yang benar. Ingat keselamatan adalah hal yang utama,” pesannya.

(bens – sisidunia.com)